Disnaker Makassar Seleksi 155 Peserta Magang di Jepang

Sedikitnya 155 peserta ikuti seleksi magang di Jepang yang digelar Disnaker kota Makassar. (foto humasmakassar)

STARNEWS.ID, MAKASSAR – Untuk ke dua kalinya Dinas Tenaga Kerja Kota Makassar kembali mengadakan seleksi magang ke luar negeri di Kota Makassar. Negara tujuan yakni Jepang. Program ini sudah mulai di laksanakan sejak tahun 2018 lalu.

Ada berbagai tahapan yang harus di lalui para peserta. Pengetahuan dan kemampuan serta keahlian menjadi prioritas. Antusias warga pun cukup bagus. Sebanyak 155 peserta nampak memadati ruang Sipakatau,Balaikota Makassar, Senin (9/12/2019) siang.

Bacaan Lainnya

Mereka hadir dalam kesempatan seleksi magang ke luar negeri yang di adakan oleh Disnaker Kota Makassar bekerja sama dengan Kemnaker RI dan IM Japan. Kegiatan ini rencananya akan berlangsung selama 3 hari mulai 9 hingga 12 Desember 2019.

Suasana pembukaan Seleksi Magang di Jepang yang dihadiri sejumlah pejabat Pemkot. (foto ist)

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Makassar A.Irwan Bangsawan saat di konfirmasi terkait kegiatan ini mengungkapkan bahwa program ini bertujuan untuk memberikan ruang lapangan kerja bagi masyarakat yang memiliki kemampuan dan keahlian dan ingin bekerja di Jepang.

“Program ini untuk mereka yang ingin bekerja di Jepang. Dengan catatan harus memiliki kemampuan dan juga keahlian agar sesampainya di sana tidak mencoreng nama Makassar. Peserta yang lolos seleksi akan kami tempatkan pada perusahaan Jepang dan di berikan upah sesuai dengan standar yang berlaku di sana”,tutur Kadisnaker yang saat ini sedang sawon di Manila.

Pembukaan seleksi ini turut di hadiri oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Makassar Sittiara Kinang, perwakilan IM Japan di Indonesia Mr Komiya dan Noto Panggabean Perwakilan Direktur Pemagangan Kemnaker RI.

Seleksi magang ke luar negeri ini di buka dengan tes matematika dan tes kesamptaan yang akan di lanjut esok hari dengan tes ketahanan fisik lalu medical check up. Setelah itu, para peserta akan rehat selama 2 bulan untuk kursus bahasa Jepang lalu akan di tes kembali kemampuan bahasanya. Untuk tiap tahapan tes ini berlaku sistem gugur dan akan di cari peserta yang benar-benar siap bekerja di perusahaan asing.

Untuk biayanya sendiri semuanya telah di anggarkan oleh Disnaker sehingga peserta hanya menyiapkan fisik serta mengasah kemampuan saja. (humasmakassar/star1)


Pos terkait