19 TKI dari Malaysia Asal Pinrang, Jalani Isolasi Mandiri

Pemkab Pinrang menjemput TKI dari Malaysia asal daerahnya untuk dilakukan isolasi mandiri. (foto humaspinrang)

Laporan : Thamrin Nawawi/Pinrang

STARNEWS.ID, PINRANG – Pemerintah Kabupaten Pinrang, menjemput Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia yang tiba di Parepare, Minggu (17/5/2020).

Bacaan Lainnya

Tim terdiri dari Tim Gerak Cepat Dinkes Pinrang yang dipimpin Dyah Puspita Dewi, Tim Reaksi Cepat Satpol PP diketuai Muhadir dan Tim Patwal Dishub dikendalikan Mantong serta Kabag Humas Rhommy.

Penjemputan  TKI dari Malaysia yang merupakan warga Pinrang ini adalah langkah antisipasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Langkah antisipasi tersebut untuk memastikan warga yang memasuki wilayah Pinrang terlebih dahulu melakukan isolasi sebelum kembali ke keluarga masing-masing.

TKI tiba dengan menggunakan KM Thalia di pelabuhan Nusantara Parepare. Berdasarkan daftar manifest KM Thalia, tercatat 88 penumpang secara keseluruhan dan sebanyak 19 penumpang berasal dari Kabupaten Pinrang.

Ke-19 penumpang inilah yang akan dijemput untuk dipastikan dilakukan isolasi mandiri terlebih dahulu di gedung isolasi yang telah disediakan khusus.

Sebelum KM Thalia berlabuh di dermaga, dua mil laut dari dermaga, Tim Kesehatan Pelabuhan menuju KM Thalia untuk melakukan pemeriksaan suhu tubuh, screening, penyemprotan desinfektan dan pendataan manifest di kapal motor tersebut.

Kemudian, hasil pemeriksaan kesehatan di kapal langsung diumumkan melalui pengeras suara di atas kapal laut, dengan hasil non reaktif.

Setelah penjemputan, penumpang langsung menuju ke Pinrang untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan di Gedung Isolasi Mandiri Gugus Tugas Covid-19, yang telah disediakan khusus pemerintah setempat (*/).

Terkait