IKM Parepare Rampungkan Naskah Buku Irjen Pol Mas Guntur Laupe

Suasana penyerahan naskah tulisan dari Ketua Tim Editor kepada Ketua IKM Parepare. (foto ist)

STARNEWS.ID, MAKASSAR – Terdorong semangat dan perjalanan karir yang gemilang dari Irjen Pol. Mas Guntur Laupe (MGL), sehingga Ikatan Kerukunan Masyarakat (IKM) Parepare bakal menerbitkan Buku MGL.

Buku yang diinisiasi IKM Parepare ini, akan berisi testimoni dari para kolega dan sahabat MGL. Sejumlah testimoni telah dikumpulkan Tim Editor yang dipimpin Prof. Dr. Ir. Budimawan, DEA untuk segera diterbitkan menjadi buku.

“Hari ini sejumlah naskah tulisan telah rampung, dan selanjutnya akan diserahkan pada Ketua IKM Parepare,”ungkap Prof. Budimawan.

Acara penyerahan ini disaksikan sejumlah pengurus IKM Parepare di RM.Ratu Gurih Jalan Boulevard, Makassar, Selasa (15/9/2020).

Bagi dosen Kelautan Unhas ini, sosok Jendral MGL memang menarik perhatian dan menjadi sumber inspirasi dari semua kalangan. Puncaknya ketika putra asal Parepare tersebut, menjabat sebagai Kapolda Sulsel. Dimana kepedulian dan dedikasinya selama menjabat dinilai berhasil.

“Ini merupakan persembahan dari masyarakat Parepare utamanya yang tergabung dalam IKM, untuk menerbitkan buku terkait pengalaman dan penilaian mereka terhadap sosok sang Jenderal,”ungkap Prof. Budimawan.

Sedikitnya 8 editor terlibat dalam penulisan tersebut diantaranya Prof. Dr. Ir. Budimawan, DEA, Dr. Rahmat Muhammad, Dr. Mas’ud Muhammadiyah, Dr. Muhlis Madani, Dr. A. Ratna Sari Dewi, Dr. Asniar Khusmas Dr. Khudry Arsyad dan Dr. A. Erni Musa.

Sementara Ketua IKM Parepare, Andi Syamsul Alam Mallarangeng mengatakan ide dari menerbitkan buka Jenderal Mas Guntur Laupe berasal dari rekan-rekan dari IKM.

“Rencananya buku ini berisi sejumlah tulisan testimoni dari sejumlah masyarakat Parepare, yang mengenal sosok MGL dengan baik,”ungkap Syamsul Alam.

Dipilihnya jenderal kelahiran Parepare ini, sebagai bahan tulisan karena MGL dinilai sebagi sosok yang banyak dicintai dan menjadi sosok panutan. Dan, ini tercermin nantinya dalam sejumlah testimoni yang akan dijadikan buku tersebut.

Bahkan kedepannya sejumlah tokoh asal kota Bandar Madani, bisa saja dibuatkan buku serupa sebagai bahan literasi masyarakat khususnya di Parepare.

Ketua IKM Parepare, Andi Syamsul Alam Mallarangeng memperlihatkan flashdisk berisi naskah buku MGL. (foto ist)

Testimoni Berkualitas

Sedikinya ada 46 penulis yang memberikan testimoni untuk materi penulisan buku Jenderal MGL  diantaranya Rektor Unhas, Prof. Dwia Ariestina Pulubuhu, Andi Syamsul Alam Mallarangeng (Ketua IKM Parepare) Husain Abdullah (mantan Jubir Wapres Jusuf Kalla), Dr Rahmat Muhammad (Dosen Sospol Unhas), Prof. Faisal Abdullah (Deputi Kemenpora), Dr. Alfian Mallarangeng (Mantan Menpora) Mas’ud Muhammadiah (Wakil Rektor Unibos).

Juga Wakil Rektor Dr. Sukardi Weda, Iqbal Suhaeb (mantan Pj Wali Kota Makassar), Ustad Das’ad Latief dan A. Makmur Makka (mantan anggota DPRD Sulsel), dan masih banyak lagi penulis yang mengenal dengan baik sosok Jenderal MGL.

Dari sejumlah judul naskah tulisan tersebut menilai sosok Jenderal MGL sebagai pribadi yang sederhana, merakyat dan religius. Pengabdian sebagai Kapolda Sulsel dinilai berhasil dan bisa merangkul semua pihak. Buktinya suasana kondusif di wilayah Sulsel cukup terjaga di masa kepemimpinannya. (uba)

Terkait