2.620 Peserta PPPK Guru di Gowa Seleksi Kompetensi

SELEKSI KOMPETENSI--- Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat memantau pelaksanaan seleksi kompetensi PPPK guru di SMKN 4 Gowa, Senin (13/9/2021).(Foto : Humas Pemkab Gowa)

STARNEWS.ID,GOWA – Seleksi kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) fungsional guru di kabupaten Gowa digelar Senin (13/9/2021).

Ada ribuan pendaftar yang mengikuti seleksi kompetensi tersebut. Pelaksanaan ujian kompetensi ini berlangsung selama empat hari hingga 16 September 2021 mendatang.

Bacaan Lainnya

Sementara untuk lokasi ujian dilakukan di empat titik. Yaitu SMKN 4 Gowa, Kecamatan Pallangga, SMAN 1 Gowa, SMKN 2 Gowa dan SMKN 3 Gowa, Kecamatan Somba Opu.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengunjungi langsung keempat lokasi untuk memberikan semangat kepada peserta.

Menurut Adnan, keberhasilan dalam menjalani ujian kompetensi ini ditentukan dari segara persiapan yang dilakukan peserta.

“Siapapun yang mau masuk PPPK Guru ini harus seleksi dulu dan tidak ada intervensi dari kami ataupun siapa karena setelah tes nilainya langsung keluar. Jadi murni karena usaha bapak dan ibu sekalian. Dengan belajar, ikhtiar dan berdoa,” ucap Adnan.

Adnan menyampaikan, saat ini kebijakan pemerintah sudah berubah. Tidak ada lagi pengangkatan tenaga guru honor. Olehnya aturan yang ada saat ini adalah PPPK guru yang sama dengan ASN tetapi dinamakan perjanjian kerja.

“Sudah ada kebijakan sampai tahun depan tidak ada perekrutan CPNS tapi yang ada adalah PPPK. Jadi PPPK ini apabila In syaallah lulus maka perjanjian kerja 5 tahun dan akan dievaluasi setiap tahunnya. Jika kinerja bagus maka akan diperpanjang,” jelasnya.

Kepala Bidang Pembinaan, Pendidik dan Tenaga kependidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Syarifuddin Kulle mengatakan, total peserta yang ikut ujian kompetensi sebanyak 2.620 orang.

Mereka akan memperebutkan 423 jatah formasi. Kata dia, teknik pelaksanaan seleksi kompetensi PPPK guru ini dilakukan secara bertahap

“Yang mengikuti ujian ini khusus pendaftar PPPK sebanyak 2.620. kita lakukan selama 4 hari dimana dalam sehari di bagi dalam dua sesi,” ungkapnya.

Pelaksanaan tersebut kata Syarifuddin dilakukan dengan protokol kesehatan. Setiap peserta harus membawa surat keterangan swab test. Dan setiap ruangan peserta dibatasi hanya 20 orang.

“Untuk sesi pertama pada SMAN 1 60 orang yang dibagi dalam tiga ruangan, SMKN 2 Gowa 50 orang tersebar di dua ruangan, SMKN 3 Gowa 60 orang atau tiga ruangan, dan SMKN 4 Gowa160 orang atau delapan ruangan. Jadi dalam satu ruangan hanya 20 orang saja agar tetap jaga jarak,” jelasnya. (rus)


Pos terkait