Soal Pasar Malam di Bontokassi, Kades-Camat Lepas Tanggungjawab

Suasana pasar malam di lapangan Desa Bontokassi, Kecamatan Parangloe, Gowa, Jumat (25/6/2021) malam. Tampak pengunjung berkerumun di dekat wahana permainan. (Foto : Rusli Haisarni)

STARNEWS.ID,GOWA—- Pasar malam di Desa Bontokassi, Kecamatan Parangloe, Gowa yang dibongkar polisi beberapa waktu lalu ternyata diam-diam beroperasi kembali.

Bahkan jauh lebih ramai. Stand pasarnya pun lebih banyak. Selain wahana permainan, juga lengkap dengan pedagang pakaian, plus jualan lainnya.

Bacaan Lainnya

Kondisi ini menjadi kekhawatiran. Selain tidak memiliki izin, potensi kerumunan juga bisa menjadi cluster penyebaran Covid-19.

Kendati hasil pantauan beberapa pengunjung mengenakan masker, namun itu hanya secuil. Lebih banyak yang tidak memakai masker.

Aparat desa dan camat sendiri terkesan lepas tanggungjawab terkait keberadaan pasar malam tersebut. Kades Bontokassi, Haeruddin yang dikonfirmasi menyerahkan hal itu kepada pengelola pasar malam.

“Iye. Klo lebih jelas tabe saudara ini pengelolanya,” elak Haeruddin.

Camat Parangloe, Mappatangka juga enggan mengurusi masalah pasar malam itu. Bekas Lurah Lanna ini melimpahkan persoalan tersebut ke aparat pengamanan.

“Serba salah kita. Itu urusan pengamanan nak,” ucap Mappatangka di kantornya, Jumat (25/6/2021).

Warga Parangloe, Daeng Eppe menyesalkan sikap apatis aparat desa dan camat.

“Khususnya kepala desa. Mestinya tidak boleh lepas tanggungjawab karena itu wilayahnya. Apalagi sekarang masih dalam masa PPKM Mikro. Dimana kegiatan pembatasan difokuskan di tingkat bawah. Sama saja Kades ini mengabaikan instruksi PPKM Mikro,” sesalnya.

Kasubag Humas Polres Gowa, AKP Mangatas Tambunan menegaskan, pihaknya akan segera menindaklanjuti masalah pasar malam itu.

“Ini harus diingatkan lagi. Harus dibongkar hari ini,” tegasnya. (rus)


Pos terkait