50 Peserta dari TNI/Polri Ikuti Pelatihan Teknik Basarnas

Inilah para peserta yang mengikuti pelatihan teknik Basarnas di Bantaeng. (foto ist)

STARNEWS.ID, MAKASSAR – Sebanyak 50 orang peserta aktif asal TNI/Polri, TRC BPBD Bantaeng, dan organisasi yang sering terlibat dalam kegiatan SAR mengikuti kegiatan pelatihan teknik pertolongan di air yang di buka oleh Bupati Bantaeng di Balai Kartini pada Senin, 17 Februari 2020.

9 orang instruktur dari Basarnas Makassar bersama dengan Pos Unit Siaga Sar Bantaeng dipercayakan untuk terlibat dalam kegiatan yang akan di adakan selama enam hari kedepan.

Bacaan Lainnya

“Sar merupakan tugas dan tanggung jawab yang dilaksanakan oleh pemerintah bersama sama dengan masyarakat secara terpadu dan terorganisasi dengan mengerahkan berbagai potensi sar untuk mencapai satu tujuan yaitu menyelamatkan jiwa sebanyak mungkin saat terjadi bencana atau kejadian yang membahayakan manusia,” ujar Ilham Syah Azikin, Bupati Bantaeng dalam pidato pembukaan kegiatan Pelatihan di Balai Kartini, Bantaeng.

Ilham Azikin memberikan apresiasi mengenai kegiatan ini karena salah satu bentuk antisipasi untuk mempersiapkan diri guna pelaksanaan operasi sar setiap saat yang mungkin akan terjadi.

Pelatihan pertolongan di air ini akan di isi dengan materi, beberapa diantaranya yaitu pemindahan dan penilaian korban, bantuan hidup dasar, pedoman keselamatan di air, dan akses dan pertolongan di air.

Selain pembukaan pelatihan pertolongan di air, dilaksanakan juga penyerahan buku Sar Goes to School secara simbolis kepada Bupati Bantaeng untuk sekolah sekolah di Kabupaten Bantaeng. (star1)


Pos terkait