8900 Lansia di 10 Provinsi Peroleh Bantuan Sosial dari Kemensos

Sejumlah lansia di Kabupaten Gowa memperoleh bantuan sosial Progres LU dari Kemensos RI. (foto humasgowa)

STARNEWS.ID, GOWA – Salah satu upaya Kementerian Sosial (Kemensos) RI dalam memberikan layanan terbaik kepada lanjut usia (lansia) dimasa pandemi Covid-19 ini adalah dengan menjaga mereka tetap terjamin kehidupannya.

Hari ini, Jum’at (8/5) Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni menyalurkan bantuan sosial (bansos) Program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (PROGRES-LU) bagi 8.900 lanjut usia di 10 Wilayah Jangkauan Kerja Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU) “Gau Mabaji” di Gowa.

Penyaluran Bansos PROGRES-LU ini di salurkan melalui 157 Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) yang tersebar di wilayah jangkauan kerja Balai Lansia Gau Mabaji. Sepuluh jangkauan wilayah kerja tersebut meliputi Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, NTB, NTT, dan Bali.

Situasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Gowa menyebabkan ruang gerak terbatasi, sehingga Balai Lansia tidak bisa terjun langsung dalam menyalurkan bansos tersebut. Oleh karena itu, simbolisasi penyaluran bansos dilakukan di Kabupaten Gowa, sebagai lokasi domisili Balai lansia.

Penyaluran bansos PROGRES-LU dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom yang diikuti oleh 21 partisipan. Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia, Andi Hanindito, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Syamsuddin, Kepala Balai Lansia Gau Mabaji, Syam Wuryani dan 12 LKS di Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya, Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia, Andi Hanindito, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bapak Wakil Bupati yang bersedia meluncurkan Bansos PROGRES-LU.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Wakil Bupati yang telah bersedia meresmikan dan meluncurkan Bansos PROGRES-LU”, tutur Andi.

Total bantuan sebesar Rp24.030.000,000,- (Dua Puluh Empat Milyar Tiga Puluh Juta Rupiah) untuk 8.900 lansia disalurkan melalui rekening 157 LKS yang nantinya akan diberikan kepada masing-masing lansia. Setiap lansia mendapatkan bansos sebesar Rp.2.700.000,-. Lansia yang mendapatkan bantuan adalah lansia miskin dan terdampak COVID-19.

Kepala Balai Lansia Gau Mabaji, Syam Wuryani memastikan bahwa penyaluran bansos PROGRES-LU ini akan tepat sasaran bagi lansia miskin dan lansia terdampak COVID-19 karena sudah melalui tahap verifikasi dan validasi data oleh Tim Bansos PROGRES-LU di Balai Lansia Gau Mabaji.

“Penyaluran bansos PROGRES-LU saya pastikan tepat sasaran, karena sebelumnya telah dilakukan proses verifikasi dan validasi oleh tim kami, selain itu penerima bansos ini dipastikan tidak menerima bantuan lain sehingga tidak ada bantuan ganda yang diterima oleh penerima bantuan” kata Yani.

Dalam kegiatan ini, hadir Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaggani. Karaeng Kio biasa ia disapa, menyampaikan ucapan terimakasih atas perhatian yang diberikan oleh Kemensos RI dan Balai Lansia Gau Mabaji bagi lansia di wilayah Sulawesi Selatan, khususnya Kabupaten Gowa. Kabupaten Gowa menerima bansos PROGRES-LU sebanyak Rp2.951.100.000,- (Dua Milyar Sembilan Ratus Lima Puluh Satu Juta Seratus Ribu Rupiah) yang akan disalurkan melalui 12 LKS untuk 1093 Orang lansia.

“Kami mewakili Pemerintah Kabupaten Gowa menyampaikan terimakasih kepada Kementerian Sosial RI dan Balai Lansia Gau Mabaji yang telah memperhatikan lansia di wilayah kami dengan penyaluran bansos yang nilainya cukup besar yaitu 2,9 milyar” ujar Abdul.

Dg Iji (70), salah satu penerima bantuan menyampaikan sangat senang menerima bantuan dalam kondisi darurat seperti saat ini. Bagi lansia yang sehari-hari tinggal di LKS, bantuan ini sangat membantu selama masa darurat COVID-19.

“Saya sangat senang menerima bantuan ini karena sangat meringankan beban dan membantu saya menghadapi masa sulit seperti saat ini”, ujar Dg Iji. (rilis/star1)

Terkait