Abaikan Prokes, Plh Bupati Gowa Warning Pemilik Usaha di Malino

Pengelola salah satu penginapan di Lingkungan Batulapisi, Kelurahan Malino, Kecamatan Tinggimoncong, Gowa menjalani tes swab, Kamis (18/2/2021). (Foto : Humas Pemkab Gowa)

STARNEWS.ID,GOWA— Upaya keras Pemkab Gowa dalam menegakkan protokol kesehatan (Prokes) di tengah pandemi Covid-19 belum sepenuhnya efektif. Masih ada beberapa tempat-tempat usaha yang lemah menerapkan prokes.

Contohnya di Malino, kecamatan Tinggimoncong. Baru-baru ini, sebuah video viral di media sosial, pengunjung salah satu penginapan di Malino melakukan pesta dengan mengabaikan protokol kesehatan.

Kejadian ini pun jadi perhatian Pelaksana Harian (Plh) Bupati Gowa, Kamsina. Pj Sekda sekaligus Kepala Inspektorat Kabupaten Gowa itu mewarning pemilik penginapan agar taat dan memperketat prokes.

“Saya kira pemilik penginapan itu perlu diperingati dengan tegas. Termasuk semua pemilik usaha lainnya, saya ingatkan agar memperketat protokol kesehatan,” tegas Kamsina saat di ruang kerjanya, Kamis (18/2).

Tidak sampai disitu saja. Pasca kejadian tersebut, lanjut Kamsina, Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dan pemerintah setempat makin meningkatkan pengawasan. Pembatasan terhadap pengunjung yang masuk ke Malino dilakukan.

“Pengelola tempat wisata juga perlu memberikan pemahaman kepada pengunjung untuk tetap menjalankan prokes. Berwisata boleh, tetapi mengikuti protokol kesehatan jangan dikesampingkan karena masih terjadi penularan Covid-19,” ujarnya.

Apalagi kata Penjabat Sekretaris Daerah ini, Kabupaten Gowa telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Wajib Masker dan Penerapan Protokol Kesehatan. Sehingga, seluruh masyarakat dan elemen-elemen lainnya diminta untuk mentaati.

“Perda ini tidak mengenal asal daerah, siapapun yang masuk ke Gowa wajib mengikuti protokol kesehatan. Kalau tidak pakai masker kita harus berikan efek jera supaya ini betul-betul di perhatikan,” tandasnya.

Camat Tinggimoncong, Iis Nurismi mengatakan, pihaknya telah melakukan penyemprotan disinfektan dan tes swab bagi pengelola penginapan yang jadi tempat pesta pengunjungnya. Letak penginapan itu di Lingkungan Batulapisi, Kelurahan Malino.

“Kami juga memberi peringatan kepada pengelola agar tidak terulang lagi dan melakukan pengawasan serta menerapkan prokes yang ketat,” singkatnya. (rus)


Pos terkait