Andi Utta Bantu Perbaiki Irigasi Gantarang

Nampak warga Gantarang, Bulukumba bersama sama membangun irigasi atas bantuan Andi Utta. (foto ist)

STARNEWS.ID, MAKASSAR – Petani di Desa Gattareng, Kecamatan Gantarang menyampaikan terima kasih kepada kandidat bupati Bulukumba, Andi Mukhtar Ali Yusuf yang telah membantu material dalam perbaikan irigasi di desa itu. Kini, petani dan warga setempat sudah menikmati irigasi yang sudah diperbaiki tersebut.

Apresiasi dan ucapan terima kasih itu disampaikan Ketua Induk Persatuan Petani Pemakai Air (IP3A) Mabbulo Sibatang Pengairan Bayang-bayang kecamatan Gantarang, kabupaten Bulukumba, Andi Tenri Allang mengapresiasi bantuan yang diberikan pengusaha yang akrab disapa Andi Utta itu.

Bacaan Lainnya

“Intensitas curah hujan yang sangat tinggi di kabupaten Bulukumba mengakibatkan banjir di pusat perkotaan. Tidak hanya pusat kota, kawasan pinggiran kota juga terkena dampak dari bencana alam tersebut,” kata Andi Tenri Allang yang juga mantan anggota DPRD Kabupaten Bukukumba ini.

Andi Tenri menambahkan irigasi di Dusun Bonto-bonto, Desa Gattareng, Kecamatan Gantarang ini sebelumnya mengalami kerusakan berat akibat besarnya debet air hujan. Irigasi Bayang-bayang ini mengairi 500 lebih hektare sawah di lima desa dan tiga kelurahan.

“Alhamdulillah perbaikan irigasi Bayang-bayang saat ini merupakan swadaya masyarakat dan sudah hampir selesai. Saat ini tahap pelasteran dan rencana hari Kamis pekan depan sudah tahap penyelesaian,” katanya.

Andi Tendri menceritakan pihaknya sudah bergerilya kurang lebih dua bulan mengurus perbaikan irigasi Bayang-bayang. Tapi sampai saat ini tidak ada kejelasan serta jawaban pasti dari dinas PSDA kabupaten Bulukumba. Ia mengaku sudah putus asa mengingat saya selaku ketua IP2A punya tanggung jawab moral kepada anggotanya yang rata-rata berharap adanya aliran air ke sawah para petani.

Beruntung, salah seorang warga Dusun Bonto-bonto mengabarkan bahwa dalam waktu dekat ini ada  bakal calon bupati Bulukumba akan menemui relawannya di desa Gattareng. Beliau adalah H  Andi Muchtar Ali Yusuf yang akrab disapa Haji Andi Utta.

Saat Andi Utta berdialog dengan warga desa, Andi Tendri menyampaikan permasalahan terkait dengan kondisi kerusakan pada dinding beton irigasi Bayang-bayang. Keluhan itu langsung direspons Andi Utta dengan memberikan bantuan material yang dibutuhkan kepada pengurus IP3A .

“Saya mewakili masyarakat petani yang terkena dampak rusaknya bendungan bayang bayang di kecamatan Gantarang sangat berterima kasih kepada Andi Utta atas bantuan yang diberikan untuk menyelesaikan perbaikan bendungan bayang bayang,”  tutup Andi Tenri. (idj)

Terkait