Andi Utta Tawarkan Konsep Manajemen Entrepreneurship di Birokrasi

STARNEWS.ID, BULUKUMBA – Bakal calon Bupati Bulukumba, H Andi Muchtar Ali Yusuf memperkenalkan gagasan pemerintahan entrepreneurship jika kelak terpilih dalam pilkada mendatang. Pria yang akrab disapa Andi Utta ini ingin pemerintah atau aparatur birokrasi memiliki wawasan bercirikan nilai-nilai kewirausahaan.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, prinsip-prinsip entrepreneur yang mesti diterapkan dalam dunia birokrasi, selain perlunya kedisiplinan dan peningkatan etos kerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Seorang entrepreneur, kata dia selalu punya kemampuan menangkap setiap peluang yang ada berdasarkan potensi sumber daya yang ada.

“Tentu dikemas dalam bentuk kebijakan strategis bahkan sampai pada bentuk program dan kegiatan,” ujarnya.

Birokrat entrepreneur juga memiliki kemampuan marketable, yakni kemampuan mengkomunikasikan setiap potensi sumber daya yang dimilikinya kepada segenap stakeholder untuk terlibat dalam mengelola potensi sumber daya tersebut untuk kepentingan masyarakat secara keseluruhan.

“Jika prinsip-prinsip manajemen entrepreneur diterapkan dalam birokrasi, tentu akan mendorong perubahan dan wajah baru dalam tata kelola pemerintahan,” kata Andi Utta usai menerima rekomedasi partai pengusung PKS, Senin (10/8/2020).

Menurutnya ada beberapa poin penting yang menjadi kelebihan dari penerapan manajemen entrepreneur dalam tubuh birokrasi. Khususnya, kata dia, dalam pelayanan publik.

Semangat kewirausahaan berdampak pada efisiensi, inovasi dan produktivitas aparatur pemerintahan. “Insyaallah, nilai dan semangat ini yang saya impikan bisa kita bangun. Baik di pemerintahan maupun untuk pelaku usaha,” paparnya.

CEO PT Amaly itu menambahkan manajemen kewirausahaan dapat memanfaatkan potensi yang dimiliki. Pola itu kata Andi Utta harus dimulai dari pemimpin tertinngi birokrasi di daerah.

“Selain kemampuan juga harus yakin dan punya kemauan untuk perubahan demi Bulukumba yang baru. Itulah harapanta’ semua,” tegasnya lagi.

Lebih jauh Dia mengatakan bahwa prinsip-prinsip manajemen enterepreneur dapat diproyeksikan dengan model tatakelola pemerintahan di tengah-tengah perubahan sosial yang semakin dinamis.

“Mindset ini dulu yang ingin saya terapkan untuk birokrasi,” tutupnya.

Pada Pilkada 2020, Andi Utta hadir sebagai pendatang baru dengan jargon Harapan Baru. Balon yang berpasangan Andi Edy Manaf ini akan diusung koalisi Partai Gerindra, PAN dan PKS. (*/dam)

Pos terkait