Anjuran Merahasiakan Sedekah

  • Whatsapp

Starnews.id – Akhir-akhir ini kita sering mendapati postingan viral di medsos mengenai kondisi memprihatinkan beberapa saudara kita bahkan nenek atau orang tua di sekitar kita yang luput dari perhatian. Hal ini akan menjadi magnet dan memancing para awak media serta beberapa lembaga amal dan individu yang peduli untuk merilis hal tersebut. Tidak jarang dari mereka meminta untuk berpose dengan pihak yang dibantu tersebut dan membagikan nya di sosial media, dan pada akhirnya mengundang berbagai respon kaum netizen.

Memang banyak yang niat membantu tapi tidak sedikit juga yang memberikan komentar berupa kritikan kepada keluarga dan pemerintah setempat. Saat kita berpose dan menguploadnya di sosmed mungkin niat kita baik menjadikan hal tersebut sebagai sebuah motivasi bagi saudara-saudara kita yang lain untuk turut meringankan beban orang tersebut tetapi yang jadi pertanyaan buat kita apabila anda di pihak keluarga atau anda sendiri sebagai orang yang kurang beruntung tersebut bagaimana perasaan anda saat diviralkan begitu. Lantas bagaimana anjuran Islam dalam permasalahan seperti ini.

Dianjurkan tiap bersedekah untuk merahasiakan sedekahnya dari pengetahuan manusia sebisa mungkin. Sesungguhnya hal itu lebih dekat kepada keikhlasan serta lebih menjaga harga diri dan kehormatan orang yang menerimanya.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman, “Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu merahasiakannya dan kamu memerikan kepada orang-orang fakir, maka merahasiakan itu lebih baik bagimu…” (Qs. Al-Baqarah: 271)

Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam telah menjelaskan bahwa orang yang merahasiakan sedekahnya termasuk orang-orang yang dinaungi pada hari ketika tidak ada naungan kecuali naungan Allah Subhanahu wa ta’ala.

Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Tujuh orang yang Allah naungi pada hari ketika tidak ada naungan kecuali naungan Allah Subhanahu wa ta’ala: …..dan seorang yang bersedekah, ia menyembunyikan sedekahnya sehingga tangan kirinya tidak tau apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Al-Bukhari no. 660, Muslim no. 1031) Hadits ini berisi anjuran untuk merahasiakan sedekah.

Meskipun demikian, apabila disana ada kepentingan dan maslahat yang kuat untuk menampakkannya, maka yang lebih baik adalah menampakkannya. Contohnya, orang yang terhormat bersedekah kepada orang yang membutuhkan dihadapan khalayak agar mereka mengikutinya untuk bersedekah. Dengan begitu, ia telah mencontohkan kepada mereka perbuatan baik. Misalnya juga orang yang mengeluarkan zakat secara terang-terangan dihadapan orang banyak untuk mengingatkan mereka tentang waktu zakat, seperti juga orang yang khawatir tidak menemukan orang yang membutuhkannya jika ia tidak memberikanya saat itu juga dihadapan orang banyak. Masih banyak lagi permasalahan lainnya. Hal itu semua dilakukan dengan tetap menjaga diri dari riya’ dan tetap menjaga keikhlasan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala didalamnya. (int)

Pos terkait