ASN Wajib Ikut Vaksin, Bupati Adnan : Yang Menolak Dapat Sanksi

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat melakukan vaksinasi Covid-19 di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Kamis (4/3/2021). (Foto : Humas Pemkab Gowa)

STARNEWS.ID,GOWA— Vaksinasi Covid-19 tahap kedua di kabupaten Gowa sudah mulai berlangsung, Kamis (4/3/2021).  Lokasi vaksinasi dilakukan di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa.

Vaksinasi tahap dua ini diperuntukkan bagi pelayanan publik dan lanjut usia (Lansia). Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni juga ikut divaksinasi. Begitu pun Ketua TP PKK Gowa, Priska Adnan dan Wakil Ketua TP PKK Gowa, Hj Mussadiyah Rauf. Pun pimpinan OPD. Juga ikut divaksin.

Bacaan Lainnya

Bupati Adnan mengatakan, kegiatan vaksinasi tahap kedua ini sebagai tindaklanjut program pemerintah pusat. Tujuan utamanya membentuk kekebalan kelompok yang dilakukan bagi TNI, Polri, ASN, dan institusi pelayanan publik yang bersentuhan langsung dengan masyarakat termasuk dirinya.

“Alhamdulillah pencanangan vaksinasi tahap kedua ini berjalan lancar dan hari ini saya bersama pak wabup ikut langsung melaksanakan vaksin setelah tahap pertama kemarin tidak lulus screening,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut dirinya juga mengajak seluruh ASN maupun Non ASN lingkup Pemkab Gowa dan masyarakat untuk ikut langsung melakukan vaksin. Khusus ASN wajib ikut vaksin. Bagi ASN yang menolak akan dapat sanksi.

“Tentu untuk ASN yang menolak akan disanksi sesuai aturan yang ada,” jelasnya.

Ia berharap dengan massifnya dilakukan vaksinasi tersebut akan memutus penularan Covid-19 di Kabupaten Gowa dan Indonesia secara keseluruhan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr Hasanuddin mengatakan tahap kedua ini pihaknya mendapatkan 4.600 dosis atau 460 flacon dimana setiap flacon bisa untuk 10 orang dari Dinkes Sulsel untuk termin pertama dan akan bertambah secara bertahap dengan menargetkan sasaran 70 persen dari jumlah penduduk.

“Saat ini jumlah data yang kami dapatkan di seluruh institusi pelayanan publik termasuk TNI, Polri dan lansia sebesar 29.212 jiwa dan ini akan bertambah setiap saat,” katanya

Terkait pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini selain dilakukan di Baruga Karaeng Galesong, juga akan dilakukan di Kantor Makodim 1409 Gowa dan Polres Gowa yang kemudian dilanjutkan di kantor dan institusi pemerintahan 18 kecamatan se-Kabupaten Gowa.

“Tujuan pelaksanaan vaksin ini agar mengurangi transmisi atau penularan, dan menurunkan angka kesakitan dan kematian serta tercapainya kekebalan kelompok masyarakat (herd immunity),” tandasnya. (rus)


Pos terkait