Basarnas Makassar Gelar Siaga Merah Putih di Gunung Bawakaraeng

Suasana Siaga Merah Putih di Gunung Bawakaraeng. (foto ist)

STARNEWS.ID GOWA – Dalam rangka memperingati Hari Ulang tahun (HUT) kemerdekaan Indonesia ke-75, Badan Sar Nasional Pencarian dan Pertolongan Makassar bersama Potensi SAR gelar Siaga Merah Putih di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan.

Hal ini diungkapkan Kepala Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Makassar, Muh Rizal, Sabtu (15/8/2020).

Bacaan Lainnya

“Siaga Merah Putih ini adalah gelaran tahunan. Karena setiap tahunnya kian banyak pendaki yang memadati Gunung Bawakaraeng untuk merayakan HUT Kemerdekaan,” tuturnya.

Rizal menyebutkan, tercatat ribuan pendaki yang melakukan registrasi diposko induk Lembanna. Kata dia, jumlah ini diprediksi akan bertambah.

“Hingga tanggal (15/8/2020) posko induk Siaga Merah Putih di kaki Gunung Bawakaraeng mencatat 2.513 pendaki yang melakukan registrasi. Dan biasanya, jumlah pendaki akan bertambah untuk melakukan pengibaran di Puncak Gunung Bawakaraeng dan Lembah Ramma,” tuturnya.

Ia menambahkan, siaga tersebut Basarnas bersama 200-an potensi SAR dari berbagai lembaga SAR di Sulawesi Selatan.

“Siaga terbagi beberapa posko diantaranya, Posko Induk Lembanna, Pos 1 Bawakaraeng, Pos 5 Bawakareng, Pos 8 Bawakaraeng, Pos Buluballea, Pos sungai Ke-3 lembah Ramma, Pos Ramma dan Pos Puncak. Dan siaga ini dimulai dari tanggal 14-18 agustus 2020,” terangnya.

Ia juga mengimbau kepada pendaki untuk mengutamakan keselamatan sebelum melakukan pendakian di Gunung Bawakaraeng, terutama protokol covid karena mengingat kita masih berada dimasa pandemi. (uba)

Terkait