Bawaslu Sulsel Periksa Saksi Pelapor Video 15 Camat

  • Whatsapp
Foto: Djournalist.id

STARNEWS.ID-MAKASSAR- Kasus video 15 camat di kota Makassar yang diduga mendukung salah satu calon di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 terus bergulir.

Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulawesi Selatan terus mendalami kasus ini, yang sempat viral ini. Kini sejumlah saksi menjalani pemeriksaan. Kini Bawaslu memeriksa sejumlah saksi pelapor.

Diantaranya yang diperiksa Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Sulsel, M Edy Arsyam, Wakil Ketua Bidang Media DPD II Partai Golkar Makassar Andi Aswadi, serta aktivis Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Sulsel, Ola Mallawangeng.

Ketiga saksi ini diperiksa Senin (25/2/2019) kemarin siang. Sebelumnya penyidik Gakkumdu Bawaslu Sulsel telah memeriksa 15 Camat.

“Saya sebagai saksi pelapor. Saya tidak katakan video itu tidak asli atau asli, tapi para camat itu tidak ada bantahannya,” kata Ola Mallawangeng kepada wartawan usai pemeriksaan, Senin (25/2/2019).

Kepada penyidik, Ola, sapaan karibnya, dicecar 20 pertanyaan oleh penyidik. Kata dia, dirinya bersama saksi lain diperiksa kurang lebih 3 jam.

“Video itu beredar melalui grup whatsapp yang ada di Grup WhatsApp Rompa. Saya salah satu orang di Grup Whatsapp Rompa itu. Kami hanya melihat dan menguatkan pelapor bahwa ada sebuah fenomena dimana camat sebagai ASN yang tidak layak untuk menyatakan sikap dukungan. Itu saja,” ungkap Ola seperti yang disampiakannya di dalam ruang penyidik.

Mereka mengaku menyesalkan tindakan Camat se-Kota Makassar yang ikut menyatakan sikap bersama politisi Syahrul Yasin Limpo mendukung Jokowi-Ma’ruf. Terlebih camat menyatakan bahwa diri mereka adalah pejabat negara.

Selain ketiga saksi yang diperiksa hari ini, Bawaslu juga akan memeriksa tiga saksi pelapor lainnya, diantaranya Ketua Komando Ulama Pemenangan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno (Koppasandi) Sulsel Andi Asruddin Bahar, dan Tim Hukum Koppasandi Sulsel Abdullah Mahir dijadwalkan diperiksa, Selasa (26/2/2019).(star1/int)

Pos terkait