Baznas Enrekang Trauma Healing 80 Anak Korban Bencana Sulbar

Anak-anak terdampak gempa bumi di Sulbar mengikuti trauma healing yang dilaksanakan oleh Baznas Enrekang, Senin (25/1/2021). (Foto : Zaini Lalloko)

STARNEWS.ID,ENREKANG–Tim gabungan bantuan tanggap bencana (BTB) BAZNAS Enrekang ikut membantu korban gempa bumi di Sulawesi Barat (Sulbar). Bentuknya edukasi trauma healing.

Ada 80 orang anak terdampak bencana gempa di desa Pati’di, kecamatan Simbiro, kabupaten Mamuju yang ikut trauma healing, Senin, (25/1/2021).

Bacaan Lainnya

Salah satu anggota tim BTB Baznas Enrekang, Sulfhianingsih yang dihubungi mengatakan, edukasi trauma healing bertujuan menyembuhkan trauma sosial bagi korban bencana Sulbar.

“Jika perubahan tersebut sangat buruk bagi kehidupannya, dapat menjadikan trauma anak anak yang berkepanjangan,” papar Sulfhianingsih.

Dikatakan bahwa bencana gempa bumi 6,2 magnitudo  yang mengguncang Sulbar telah membuat perubahan mendadak dalam kehidupan sehari-hari mereka.

“Biasanya hidup tenang, di bawah tempat tinggal yang nyaman, tiba-tiba harus tinggal di bawah tenda dan kehujanan karena rumah roboh,” ujarnya.

Tidak hanya itu, sejumlah anggota keluarga ada yang tiada dan juga luka berat. Bagi yang mentalnya tidak kuat menerima perubahan buruk tersebut, akan mengalami trauma. Bahkan mengarah pada ketidaksehatan jiwa.

Sulfhianingsih menerangkan, untuk menyembuhkan trauma sosial bagi warga yang terkena terutama anak anak, membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Bahkan kalau pun sembuh, lingkungannya harus mendukung untuk tetap sehat jiwanya kembali. Seperti kondisi rumah yang sudah baik.

“Untuk menghilangkan trauma bagi keluarga korban gempa, salah satu terapi yang bisa dilakukan adalah dengan terapi trauma healing,” terangnya.

Metode terapi ini dengan pelepasan persoalan sejenak, seperti berteriak, bernyanyi, mengunjungi tempat wisata dan kegiatan lainnya, sehingga dapat melupakan persoalan atau trauma, meski sejenak.

“Saya sangat respon atas inisiasi BAZNAS tanggap bencana (BTB) membuat pelatihan program penanganan Trauma hiling atau psikososial masyarakat,” ujarnya.

Tujuan khususnya yakni untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan para anggota BTB Baznas untuk mengatasi, menghadapi para korban gempa di Sulbar.(*/rus)


Pos terkait