Benahi Kelemahan, PSM Siap Redam PSIS

Pemain PSM Makassar berusaha melewati adangan pemain Borneo FC dalam laga terakhir penyisihan grup B Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan Malang, Rabu (31/3/2021) lalu. Besok PSM akan bentrok dengan PSIS di babak delapan besar.(Foto : Mursalim)

STARNEWS.ID,MALANG—PSM Makassar akan menantang PSIS Semarang di babak delapan besar Piala Menpora 2021, Jumat (9/4/2021) besok malam. Pertarungan kedua tim dihelat di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur.

Jika melihat statistik PSIS di fase grup, sangat jelas tim berjuluk Mahesa Jenar ini bukanlah lawan enteng bagi PSM.

Bacaan Lainnya

Dari segi gol, sejauh ini PSIS merupakan tim paling produktif dari semua kontestan Piala Menpora.

PSIS lolos ke fase perempat final dengan status juara grup A dengan koleksi tujuh poin. Hasil dari tiga kali main, sekali seri, dua kali menang.

Di fase penyisihan, PSIS total membobol gawang lawan sembilan kali. Masing-masing saat imbang dengan Barito Putra (3-3), dan menang atas Persikabo (3-1) serta Arema FC (3-2).

Meski demikian, PSM merasa tak gentar. Tim Juku Eja siap meredam permainan PSIS di babak delapan besar.

Pelatih PSM Makassar, Syamsuddin Batola menegaskan timnya telah siap menghadapi PSIS. Segala yang menjadi kelemahan tim selama penyisihan grup pun sudah dibenahi.

“Semua kekurangan telah dievaluasi dalam latihan jeda penyisihan di Makassar. Secara teknis PSM siap bertanding di babak delapan besar,” ujar Syamsuddin dalam per match conference via zoom, Kamis (8/4/2021).

Menghadapi PSIS, legenda PSM Makassar ini telah menekankan kepada anak asuhnya agar bermain disiplin. Terutama menjalankan instruksi dari pelatih.

“Displin bermain ini yang paling saya tekankan. Termasuk yang tak kalah penting semangat juang. Semua pemain harus kerja keras dalam setiap laga,” tukasnya.

Terkait soal komposisi pemain, Batola mengisyaratkan tak ada perubahan besar. Ia hanya berharap, kondisi Patrich
Wanggai yang absen di dua laga terakhir penyisihan karena cedera, dapat fit 100 persen agar bisa turun memperkuat lini depan PSM melawan PSIS.

“Perkembangan kondisi Wanggai (Patrich,red) sudah 90 persen. Saya harap besok bisa pulih 100 persen. Kalau pun tidak bisa, sudah ada pemain yang saya siapkan,” terangnya.

Kapten PSM Makassar, Zulkifli Syukur juga cukup percaya diri menghadapi PSIS Semarang. Kendati diakui PSIS adalah tim tersubur, namun bukan berarti tidak punya kelemahan.

Eks pemain Timnas Senior ini pun siap memanfaatkan kelemahan yang dimiliki PSIS.

“PSIS memang tim paling subur di babak penyisihan (Piala Menpora 2021,red). Tapi mereka juga banyak kebobolan. Saya juga sangat paham karakter pelatihnya. Ini bisa jadi celah meredam mereka (PSIS),” ucap Zulkifli.(rus)


Pos terkait