Bentuk Tim Satgas, Pertamina Jamin Stok BBM Aman Jelang Idul Fitri  

Mendekati Hari Raya Idul Fitri, Pertamina menjamin stok BBM tetap aman dan telah mengantisipasi kenaikan permintaan dari masyarakat. (foto dok pertamina)

STARNEWS.ID, MAKASSAR – Mendekati hari Idul Fitri, Pertamina Regional Sulawesi memperkirakan konsumsi Gasoline berupa Premium dan Pertamax Series akan mengalami kenaikan 3,5 persen pada periode 26 April – 30 Mei mendatang. Begitupun dengan konsumsi Bio Solar dan Dex Series akan mengalami kenaikan kisaran 4,9 persen.

‘’Melihat kondisi ini, maka pertamina telah mengantisipasi dengan menambah buffering stok BBM selama masa Satgas Ramadan dan Idulfitri, sehingga tidak perlu dikhawatirkan,’’ungkap Executive GM Pertamina Regiona Sulawesi, Rama Suhut dalam Konfrensi Pers Virtual dengan awak media, Jumat (7/5/2021)

Bacaan Lainnya

Bahkan Pertamina telah membentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) Pertamina telah dibentuk dan bertugas sejak 26 April-30 Mei 2021. Ini dimaksudkan untuk memantau penyaluran maupun ketersediaan energi bagi masyarakat, meski di tengah pandemi Covid-19.

Sementara itu, Region Manager Retail Sales Pertamina Sulawesi, Aribawa, menambahkan, kalau konsumsi Gasoline tertinggi diprediksi akan terjadi pada Selasa, 25 Mei mendatang, dengan volume sebesar 9.404 KL.

Kemudian untuk Gasoil puncak konsumsi diperkirakan terjadi pada Kamis, 20 Mei dengan volume sebesar 4.147 KL atau naik sebesar 28 persen dibandingkan konsumsi normal.

“LPG NPSO diperkirakan konsumsi tertinggi terjadi pada Selasa, 18 Mei dengan volume sebesar 203 MT atau naik sebesar 25 persen,” katanya.

Lalu, Region Manager Supply & Distribution Pertamina Sulawesi, Hari Purnomo, menjelaskan, pada titik-titik konsentrasi masyarakat, Pertamina menyiagakan SPBU kantong pada 13 titik.

Termasuk dua unit mobil dispenser di Makassar, satu unit di Parepare, dan Palopo. Lalu ada sebanyak 8 titik PDS di Sulsel dan dapat diakses melalui Call Center 135.

Rama Suhut juga memprediksi terjadi kenaikan penggunaan bahan bakar berdasarkan tren penjualan konsumsi Gasoline, yakni  Premium dan Pertama series akan mengalami kenaikan 3,5 persen dibanding pada harian normal.

Begitupun konsumsi BBM Bio Solar dan Dex Series akan mengalami kenaikan 4,9 persen dibanding pada harian normal. Sedangkan prediksi berdasarkan tren penjualan dan konsumsi LPG baik PSO (subsidi) maupun Non PSO juga akan mengalami kenaikan 5,3 persen dibanding harian normal.

Pertamina juga menambah stok pada titik-titik SPBU yang menjadi jalur utama wisata dan jauh dari suplai poin. Hal ini untuk memastikan stok produk BBM dan LPG dalam kondisi aman baik di Terminal BBM maupun Terminal LPG.

Mengenai kesiapan Satgas Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2021 di regional, tambah Rama, pelayanan prima untuk penyediaan BBM pada 448 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) reguler. Tiga SPBU Coco, 12 CODO, 22 SPBU mini atau modular, 124 SPBU Kompak dan 81 SPBU Nelayan telah disiapkan stok, sehingga dipastikan aman terkendali. (*/bur)

 


Pos terkait