Bupati Bulukumba Hadiri Pengoperasian Perdana KMP Takabonerate.

STARNEWS.ID, Makassar – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI meluncurkan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Takabonerate. Kapal penumpang Ferry RO-RO 500 GT yang dibuat oleh PT Industri Kapal Indonesia, dibangun bersumber dari APBN ini memiliki spesifikasi diantaranya, panjang seluruhnya (Loa) 46,80 m, panjang A.G.T (Lpp) 41,56 m, lebar 12 m, tinggi 3,70 m, sarat desain 2,60 m, sarat konstruksi 2,80 m, kecepatan dinas 85% MCR 12 knot, kecepatan percobaan 100% MCR 13 knot, ABK 18 orang, penumpang 265 orang. Kendaraan 10 truk besar, 16 truk sedang, 26 roda empat.

Bacaan Lainnya

KMP Takabonerate ini diresmikan oleh Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, di kawasan PT IKI Persero Makassar, Kamis (22/4/2021).

Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf dan Bupati Kepulauan Selayar, Basli Ali diundang dalam peresmian ini. Turut hadir meresmikan kapal ini di antaranya, anggota Komisi V DPR RI Muh. Aras dan Hamka B Kady, Sekretaris Ditjen Perhubungan Darat, Marta Hadi Sarwono, Direktur Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan (TSDP), Cucu Mulyana, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi, serta Direktur Utama PT Industri Kapal Indonesia (IKI) Diana Rosa.

Rencananya, KMP Takabonerate akan dioperasikan oleh PT ASDP untuk melayani penyeberangan rute Pelabuhan Bira- Pamatata.

Direktur Utama PT Industri Kapal Indonesia (IKI), Diana Rosa, menyampaikan, KMP Takabonerate ini sempat terkendala karena belum lengkap ABK yang akan mengoperasikan kapal penumpang ini.

“Jadi kita bereskan sertifikasi kapalnya, kita kembalikan (PT IKI) untuk keamanan. Kita jaga aset negara ini agar tidak ada kerusakan. Alhamdulillah hari ini ABK KMP Takabonerate sudah lengkap, siap dioperasikan dan akan berlayar di Selayar,” katanya.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menghanturkan terima kasih atas dukungan Ditjen Perhubungan Darat dengan menghadirkan KMP Takabonerate. Menurutnya, ini salah satu bentuk dukungan menuju Makassar sebagai hub Indonesia bagian Timur.

“Alhamdulillah dengan KMP Takabonerate ini, kami tentu senang sekali. Insya Allah kepulauan diperkuat untuk kemaritiman. Kita optimalkan sekitar dua ribu bentangan pantai,” ungkapnya.(*/idj)


Pos terkait