Bupati Gowa-BRI Sungguminasa Bahas Pengembangan Pertanian dan Peternakan

Pimpinan BRI Sungguminasa bersilaturahmi dengan Bupati Gowa bahas pengembangan pertanian dan peternakan. (foto humasgowa)

STARNEWS.ID, GOWA – Jajaran Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Sungguminasa menemui Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan di Baruga Karaeng Galesong Kantor Bupati Gowa, Rabu (10/6/2020).

Pimpinan Cabang BRI Sungguminasa, Yoggi mengatakan kedatangannya menemui Bupati Gowa dalam rangka silaturahmi sekaligus dan memberikan support untuk Kabupaten Gowa lebih baik kedepannya.

Bacaan Lainnya

“Kondisi lapangan yang sudah kita lihat selama ini di tengah pandemi Covid-19 di mana sebenarnya Gowa masih bisa lebih baik apabila memang Pak Bupati berkenan untuk bersinergi dengan kita,” kata Yoggi.

Salah satu bentuk dukungan yang dibahas bersama orang nomor satu di Gowa ini yaitu pengembangan di sektor pertanian khususnya sayuran kentang. Yoggi melihat Kabupaten Gowa memiliki potensi ini, seperti di Desa Kanreapia, Kecamatan Tombolopao.

“Kami ingin BRI dan pemerintah daerah bersinergi membuat Desa Kanreapia menjadi tempat yang dikenal orang Indonesia sebagai penghasil kentang,” ujarnya Yoggi di hadapan Bupati Gowa.

Selain sentra pertanian BRI juga ingin mensupport Pemerintah Kabupaten Gowa pengembangan di bidang peternakan sapi. Selain pertanian, Yoggi juga menyebutkan Kabupaten Gowa juga memiliki potensi peternakan sapi seperti di Kelurahan Sapaya Kecamatan Bungaya.

Yoggi menambahkan bahwa langkah ini sebagai upaya BRI Cabang Sungguminasa untuk membantu Pemkab Gowa meningkatkan perekonomian di Kabupaten Gowa khususnya di kalangan petani dan peternak.

“Ini akan kita coba sinergikan antara BRI dengan Kabupaten Gowa atau Pemda dalam hal pembinaan terhadap cluster-cluster pertanian maupun peternakan yang ada di kabupaten Gowa untuk dapat lebih menggeliatkan perekonomian hulu hilir ke di kabupaten Gowa,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Adnan menyambut baik rencana BRI untuk mengembangkan pertanian dan peternakan di Kabupaten Gowa. Dirinya menyebutkan bahwa dua daerah di Kabupaten Gowa ini memang menjadi sentra sayuran-sayuran dan peternakan sejak dari dulu.

“Cluster sayur memang sudah dari dulu penghasil sayuran karana memang daerah dan varietasnya cocok dan Alhamdulillah berkembang. Kalau BRI masuk di dalamnya saya yakin ini akan lebih berkembang,” ujar Adnan.

Bahkan Adnan berharap Desa Kanreapia ini menjadi desa binaan BRI dan melakukan pembinaan ke petani-petani sayur. Adnan juga berharap BRI tak hanya fokus pada kentang tetapi juga pada cluster pertanian lain.

“Seperti menjadikan Desa Kanreapia ini menjadi kampung BRI, BRI lakukan pembinaan dan berikan modal dan bagaimana penasaran. Saya berharap BRI juga cari petani petani yang lain untuk dibina sehingga menjadi sukses. Dengan ini kita tahu kalau petani sukses karena dibantu BRI,” ujar Adan.

Begitupun dengan peternakan, Bupati Adnan menambahkan bahwa selama ini Sapaya menjadi salah satu sentra sapi di Kabupaten Gowa. Saat ini kata Adnan Pemerintah Kabupaten Gowa juga sementara menjajaki kerjasama dengan Menteri Pertanian RI untuk pengembangan sapi di Kabupaten Gowa. (humasgowa/uba)

Terkait