Cabut Larangan, AFF Perbolehkan Suporter Indonesia Bawa Bendera ke Stadion

Suporter Indonesia akhirnya diperbolehkan membawa atribut bendera Merah Putih ke dalam stadion. (int)

STARNEWS.ID, SINGAPURA — Pihak Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) secara resmi memperbolehkan bendera Merah Putih dikibarkan suporter timnas Indonesia di dalam stadion. Menurut mereka, hal itu tidak menyalahi aturan terkait sanksi dari Badan Anti-Doping Dunia (WADA).

Sebelumnya, Federasi Sepak Bola Singapura (FAS) melarang para suporter Indonesia mengibarkan bendera Merah Putih di dalam stadion. Padahal, sanksi WADA terkait bendera kebangsaan hanya terbatas pada momen penyerahan medali, pembukaan atau penutupan event, dan acara protokoler.

Pencabutan larangan pengibaran bendera nasional itu tertuang dalam surat resmi AFF tertanggal 20 Desember 2021 yang ditandatangani Direktur Turnamen, Jeysing Muthiah.

Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa AFF mempersilakan para pendukung Indonesia dan Thailand untuk mengibarkan bendera kebangsaan di dalam stadion sepanjang Piala AFF 2020.

AFF menilai hal itu tidak bertentangan dengan sanksi WADA, sebab pengibaran bendera oleh suporter tidak termasuk dalam kategori pengibaran bendera resmi. AFF juga menerangkan bahwa mereka sependapat dengan Badan Anti-Doping Asia Tenggara (SEARADO).

”Hal itu tidak bertentangan dengan pemberitahuan WADA tentang larangan pengibaran bendera nasional. AFF sependapat dengan SEARADO,” tulis surat itu.

AFF memastikan telah mencabut larangan tersebut, sehingga suporter Indonesia bisa membawa bendera Merah Putih ke dalam stadion saat mendukung Asnawi Mangkualam Bahar dkk. AFF juga meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan sebelumnya.

”Dalam hal ini, AFF telah menghapus embargo (larangan) yang mungkin dikenakan kepada para pendukung Thailand dan Indonesia untuk mengibarkan bendera nasional mereka di dalam stadion,” tulis surat itu lagi. (pat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *