Caleg PPP Andi Mariattang Unggul Survei di Dapil 2

  • Whatsapp
Caleg PPP, Andi Mariattang (foto : rakyatku.com)

STARNEWS.ID,MAKASSAR – Pertarungan menuju parlemen semakin sengit untuk mendapatkan kursi aggota DPR RI. Salah satu anggota DPR RI asal Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (FPPP), Andi Mariattang secara mengejutkan berpeluang terpilih kembali untuk periode 2019-2024.Ini dibuktikan dengan hasil survei terbaru.

Berdasarkan survei Y-Publica pada 21-30 Januari 2019 di Dapil Sulsel 2. Dapil ini meliputi sembilan kabupaten/kota, yakni Bulukumba, Sinjai, Maros, Pangkep, Barru, Parepare, Bone, Soppeng, dan Wajo. Ada sembilan kursi di dapil ini. Hasil survei menunjukkan, untuk sementara, Andi Mariattang berada di posisi kedelapan.

Dilansir dari rakyatku.com kalau posisi pertama hingga ketujuh ditempati, Andi Iwan Darmawan Aras (Gerindra/petahana), Andi Rio Idris Padjalangi (Golkar/petahana), Syamsul Bachri (Golkar/petahana), Syahrul Yasin Limpo (mantan Gubernur Sulsel), Andi Rudiyanto Asapa (mantan bupati Sinjai), Muhammad Nasyit Umar (Demokrat/petahana), dan Andi Yuliani Paris (PAN/petahana).

Hebatnya, Andi Mariattang mengalahkan sejumlah tokoh populer. Sebutlah di antaranya mantan anggota DPD RI yang kini maju lewat PAN, Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar. Juga tiga petahana, yakni Akbar Faizal (NasDem), Samsu Niang (PDIP), dan Abdi Akmal Pasluddin (PKS).

Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono menjelaskan, secara umum Gerindra dan Golkar unggul di Dapil Sulsel 2. Caleg petahana dari Gerindra Andi Iwan Darmawan Aras meraih elektabilitas tertinggi (11,3 persen) disusul dua caleg dari Golkar, Andi Rio Idris Padjalangi (9,6 persen) dan Syamsul Bachri (8,1 persen).

Sementara, upaya NasDem merebut lebih dari satu kursi dengan menempatkan nama-nama besar ternyata tidak berhasil. Masuknya mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo justru membuat caleg petahana NasDem Akbar Faizal terlempar.

“Syahrul Yasin Limpo berada pada urutan keempat dengan elektabilitas 5,9 persen, sedangkan Akbar Faizal hanya 1,6 persen,” ungkap Rudi Hartono, Selasa (26/2/2019).

Dalam daftar caleg tetap (DCT) NasDem, terdapat nama-nama dengan latar belakang kepala daerah di Sulsel. Mereka adalah istri bupati Barru Hasnah Syam, istri bupati Wajo Sitti Maryam, mantan Wakil Wali Kota Parepare Achmad Faisal Andi Sapada, dan mantan calon bupati Soppeng Lutfi Halide.

Namun, hanya Syahrul Yasin Limpo yang masuk sembilan besar. “Posisi Gerindra lebih baik, di mana caleg mantan bupati Sinjai Andi Rudiyanto Asapa mampu meraih elektabilitas 4,8 persen,” jelas Rudi.

Mereka diikuti oleh caleg-caleg petahana, yaitu Muhammad Nasyit Umar dari Demokrat (4,4 persen), Andi Yuliani Paris dari PAN (4,3 persen), dan Andi Mariattang dari PPP (3,5 persen).

“Yang mengejutkan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berhasil menempatkan calegnya pada posisi sembilan besar, yaitu Nurhasan (3,3 persen),” papar Rudi. (star1/int)

Pos terkait