Catut Nama Pejabat BKPSDM Gowa, Penipu Perdaya Pensiunan Guru

Kabid Mutasi dan Pengadaan BKPSDM Gowa, Agus Harahap saat menerima korban penipuan dengan mencatut namanya, Selasa (8/6/2021). (Foto : Humas Pemkab Gowa)

STARNEWS.ID,GOWA — Aksi penipuan dengan mengatasnamakan pejabat instansi pemerintah kembali terjadi di Kabupaten Gowa. Kali ini pelaku penipuan mencatut nama pejabat Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Gowa.

Korbannya salah seorang pensiunan guru. Korban harus kehilangan uang sebesar Rp5 juta setelah terperdaya dengan iming-iming akan mendapat dana bonus yang dijanjikan pelaku.

Bacaan Lainnya

Aksi penipuan ini terungkap setelah korban datang melapor ke kantor BKPSDM Gowa, Selasa (8/6/2021) lalu. Dihadapan Kabid Mutasi dan Pengadaan BKPSDM Gowa, Agus Harahap, korban bercerita bahwa dirinya dihubungi via telepon oleh oknum yang bernama Agus dan Basir.

Kepada korban, keduanya mengaku pejabat BKPSDM Kabupaten Gowa. Awalnya, Agus yang menghubungi korban. Saat itu, Agus menginformasikan bahwa korban akan mendapatkan dana bonus pensiun.

Sebagai pensiunan, korban pun sangat gembira mendapat kabar dana bonus tersebut. Tidak pernah terbayang dipikirannya, bahwa informasi yang disampaikan Agus itu hanya modus untuk menipu.

Tak berselang lama, korban kembali dihubungi oleh oknum yang mengaku bernama Basir. Basir menyampaikan bahwa dana bonus pensiun yang dijanjikan akan segera ditransfer setelah korban membayar biaya administrasinya terlebih dahulu.

“Setelah saya transfer uang sebesar Rp5 juta rupiah, oknum penipu tersebut kemudian meminta saya datang ke kantor BKPSDM Gowa. Saya baru sadar telah tertipu setelah bertemu dengan Kabid Mutasi dan Pengadaan BKPSDM Gowa yang sebenarnya,” tutur korban.

Korban pun merasa sangat sedih. Perasaan bahagia akan mendapat dana bonus pensiun sirna seketika. Belum lagi, uang Rp5 juta yang dia transfer ke pelaku itu merupakan pinjaman dari tetangganya.

“Saya ini pensiunan nak. Dengar mau dapat tambahan dana pensiun sudah pasti senang. Tapi setelah tahu kalau tertipu saya sedih. Apalagi uang yang saya transfer kemarin itu saya pinjam di tetangga,” bebernya.

Kepala Bidang Mutasi dan Pengadaan BKPSDM Kabupaten Gowa, Agus Harahap yang dikonfirmasi, Kamis (10/6/2021) mengatakan, BKPSDM memang rawan dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggungjawab.

Kata dia, aksi percobaan penipuan dengan mencatut nama pejabat BKPSDM sudah sering terjadi. Hanya saja, baru kali ini ada yang terungkap karena korban datang melapor ke kantor BKPSDM.

“Percobaan penipuan mengatasnamakan BKPSDM sudah beberapa kali terjadi. Tetapi baru kali ini ada yang menjadi korban dan melapor ke kantor,” beber Agus.

Menurut Agus, modus yang digunakan oleh oknum penipu bermacam – macam. Ada yang mengancam mutasi, menjanjikan adanya bonus, hingga kesempatan untuk menjadi pegawai di Pemerintah Kabupaten Gowa.

Olehnya itu, dirinya berharap kepada seluruh masyarakat untuk tidak menanggapi jika mendapatkan pesan atau telepon yang mengatasnamakan dirinya maupun Kepala BKPSDM Kabupaten Gowa. Apalagi jika pesan tersebut perihal permintaan mentransfer sejumlah dana untuk keperluan tertentu.

“Seluruh layanan di BKPSDM Gowa tidak ada yang dipungut biaya sepeser pun. Jadi saya minta masyarakat untuk tidak menanggapi jika ada yang meminta dana dengan alasan apapun,” imbuhnya.

Terkait aksi penipuan dengan mencatut nama pejabat BKPSDM Gowa, kata Agus juga telah dilaporkan ke aparat kepolisian. Ia berharap, polisi bisa menindaklanjuti dengan melacak dan menangkap pelakunya.

“Karena kalau ini dibiarkan ini akan berbahaya. Apalagi mengatasnamakan pejabat dan meminta sejumlah dana. Saya berharap kepolisian bisa melacak orang ini untuk segera ditangkap,” harapnya. (rus)


Pos terkait