Covid-19 Melonjak, Adnan Tegaskan Masjid Perketat Prokes

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengikuti rapat koordinasi penegakan disiplin protokol kesehatan bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Kemendagri, Kemenag, dan Kemenkes di Peace Room A’Kio, Kantor Bupati Gowa, Minggu (31/1/2021) malam. (Foto : Humas Pemkab Gowa)

STARNEWS.ID,GOWA—– Covid-19 di Indonesia dalam dua bulan terakhir mengalami lonjakan yang sangat tinggi. Dalam sehari kasus terkonfirmasi mencapai 12 ribuan kasus.

Seluruh provinsi dan kabupaten/kota pun semakin memperketat protokol kesehatan (Prokes). Termasuk Gowa.

Bacaan Lainnya

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menegaskan agar seluruh masjid di wilayah Kabupaten Gowa kembali menerapkan protokol kesehatan.

“Segera camat mengecek masjid di daerah masing-masing agar kembali menerapkan prokes dimana shaf minimal dilangkahi satu tegel dan masjid yang memiliki karpet sebaiknya disimpan saja atau dicuci serta jendela harus selalu terbuka,” tegas Adnan dalam Coffee Morning bersama para pimpinan SKPD dan camat, di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Senin (1/2).

“Kami beri waktu hingga seminggu para camat untuk keliling memberikan edukasi dan memastikan masjid di wilayahnya bisa menerapkan prokes. Untuk kecamatan dataran rendah, diberi waktu tiga hari. Sementara dataran tinggi lima hari. Khusus kecamatan Somba Opu diberi waktu tujuh hari. Kami minta setiap harinya melaporkan di grup progres dengan mencantumkan nama masjid, kelurahan/desa yang telah didatangi,” sambung Adnan.

Sebelumnya, orang nomor satu di Gowa ini bersama Forkopimda Kabupaten Gowa mengikuti Rapat Koordinasi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan dan Penanganan Covid-19 secara virtual bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Kemendagri, Kemenag, dan Kemenkes di Peace Room A’Kio, Kantor Bupati Gowa, Minggu (31/1) malam.

Dalam rakor tesebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI mengimbau agar seluruh provinsi dan kabupaten/kota mengambil langkah-langkah penanganan Covid-19 di Indonesia dimana kasus Covid-19 di Indonesia mengalami peningkatan akhir-akhir ini.

“Jadi ini adalah masalah kita bersama. Masyarakat membutuhkan perhatian ekstra dengan memberikan sosialisasi terkait bahayanya Covid-19. Dua bulan terakhir ini peningkatan hingga 43 persen,” tambahnya.

Selain masjid, Bupati Adnan juga memperpanjang Work From Home (WFH) bagi seluruh ASN Lingkup Pemkab Gowa hingga 8 Februari mendatang atau mengikut ketentuan dari pusat.

“Sesuai arahan pak menteri semalam, WFH harus terus dilakukan sampai 8 Februari 2021 (sementara) dimana setiap ruangan yang hadir hanya diisi 50 persen dari jumlah pegawai di ruangan tersebut,” pungkasnya. (rus)


Pos terkait