Dari Musrembang 2020, Gubernur Sulsel Harap Atasi Penyakit Kota

Nurdin Abdullah
Gubernur Sulsel mengharapkan Pemkot Makassar mengatasi penyakit kota dalam Musrembang 2020. (foto : humaspemprov)

STARNEWS.ID, MAKASSAR – Kota Makassar dinilai sebagai barometer di Sulsel dan Kawasan Timur Indonesia. Diharapkan dengan peranan Makassar mendorong daerah lain ikut lebih maju dan berkembang. Di sisi lain, fenomena atau gejala-gejala penyakit kota dapat diselesaikan.

“Kita ketahui bahwa Makasssar ini adalah baromoter Sulsel, bahkan kawasan timur Indonesia. Dan saya berharap fenomena atau gejala-gejala penyakit kota yang sudah muncul sekarang ini, mohon menjadi perhatian,” kata Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah (NA).

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikanya pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Makassar Tahun 2020 di Hotel Claro, Senin (25/3/2019).

Sehingga antisipasi-antisipasi tersebut dapat diakomodir dalam penyusunan RKPD.

Ia menyampaikan Kota Makassar begitu pesat pertumbuhannya. Berharap bahwa kota Makassar ini akan semakin nyaman untuk ditinggali dan dalam kondisi damai.

“Kita lihat pertumbuhan jalan lebih kecil dari pertumbuhan kendaraan, ini dibutuhkan sebuah strategi, untuk menyelesaikan persoalan. Kita lihat kemacetan bukan karena kepadatan kendaraan, tetapi karena parkir di jalan yang begitu mengganggu,” sebut NA.

Solusi yang dapat dihadirkan menurutnya, adalah menyiapkan tempat parkir umum yang berbayar, bukan lagi parkir di jalan.

NA pada kesempatan ini mendorong kebijakan provinsi dan kota Makassar dapat sinergi. Musrembang ini dinilainya dapat menyatukan visi dalam rangka mendorong percepatan penyiapan layanan-layanan publik dan fasilitas publik.

Nampak Gubernur Sulsel dan Walikota Makassar bersama jajarannya dalam pelaksanaan Musrembang 2020 di kota Makassar. (foto : humaspemprov)

Sehingga menyampaikan visi-misi Sulsel pada Musrembang ini. Pada RPJMD Sulsel Tahun 2018-2023 memiliki visi, yaitu, Sulsel yang inovatif, produktif, kompetitif, inklusif dan berkarakter.

Salah satu misinya adalah mewujudkan pemerintah yang berorientasi melayani dan inovatif.

Seluruh provinsi, kabupaten dan kota di Indonesia sekarang berlomba-lomba untuk meraih investasi sebesar-besarnya.

“Karena kita paham investasi adalah penopang peningkatan pendapatan daerah. Kedua menciptakan lapangan pekerjaan dan ketiga adalah akan memacu pertumbuhan ekonomi kita,” ujarnya.

Gubernur juga mengapresiasi kinerja Wali Kota dan jajarannya. Lima tahun Wali Kota Makassar, Danny Pomanto telah memberikan pelayanan yang sangat baik. Sulsel juga terus berbenah memberikan kemudahan dan penyederhanaan izin. (star1)


Pos terkait