Dari Warung Kaki Lima hingga Berkesempatan Melayani Gubernur

Pemilik RM Tiga Saudara, Ariel Sampara di depan tempat usahanya yang terletak di Jalan Ratulangi, Makassar. (Fadli)

STARNEWS.ID, MAKASSAR — Belajar membuat sop dan sate kambing di Jakarta, Ariel Sampara pun sukses mengembangkan resep berkhas Betawi tersebut di Makassar.

Pemilik Rumah Makan (RM) Tiga Saudara di Jalan DR Sam Ratulangi, Makassar itu menuturkan, usaha kuliner yang dia bangun sejak 2015 itu awalnya hanya sebuah warung kaki lima yang terletak di Jalan Landak.

Bacaan Lainnya

Menu olahan daging kambing yang tersedia di RM Tiga Saudara di Jalan DR Sam Ratulangi, Makassar.
Menu olahan daging kambing yang tersedia di RM Tiga Saudara di Jalan DR Sam Ratulangi, Makassar.

Kini, usahanya tak pernah sepi pengunjung. Tak sebatas masyarakat biasa, pelanggannya juga banyak dari kalangan pejabat seperti sekretaris provinsi hingga gubernur telah mencicipi menu sop dan sate kambing dengan resep khas betawi tersebut.

“Syahrul Yasin Limpo biasanya dua kali sebulan makan di sini,” aku Ariel saat ditemui di tempat usahanya, Selasa (12/1/2021).

Rupanya, pandemi Covid-19 tidak berdampak negatif terhadap usaha yang ia jalankan. Diakui, penjualannya kian meningkat. Dalam sehari bahkan bisa menghabiskan 2 hingga 3 ekor kambing.

Pandemi virus yang bermula dari Wuhan China itu tak membuat Ariel berdiam diri. Dia pun mesti memutar otak untuk bereksperimen memadukan resep ala Timur Tengah dan Indonesia. Yaitu, kambing panggang rempah.

Eksperimen itu rupanya disukai banyak pelanggannya. Sebab, daging kambing resep perpaduan Timur Tengah dengan Indonesia itu mudah terlepas dari tulangnya.

“Makan olahan daging kambing itu tidak memberikan efek samping. Biasanya orang-orang takut makan daging kambing. Padahal, mengonsumsi daging kambing bisa meningkatkan imun, karena kambing memiliki energi positif,” beber Ariel.

Untuk pilihan daging yang digunakan di RM Tiga Saudara tak sembarangan. Yakni kambing pilihan berusia 5 bulan. Itulah rahasia empuknya daging kambing yang disajikan.

Untuk diketahui, porsi besar Sop kambing dibanderol Rp45 ribu, sedangkan porsi kecil Rp35 ribu. Sementara sate kambing dan sate domba seharga Rp60 ribu per 10 tusuk.

Menu andalan lainnya, kambing panggang rempah, dibanderol mulai Rp50 ribu hingga Rp70 ribu. Selain itu, RM Tiga Saudara juga menyediakan menu nasi goreng kebuli seharga Rp35 ribu.

Selain makan di tempat, menu di RM Tiga Saudara juga bisa dipesan lewat aplikasi grab food maupun gojek. Seorang pelanggan, Iful mengaku, ia terpincut dengan bumbu kecap khas buat sate kambing di RM Tiga Saudara.

Itulah yang membuat pria berusia 41 tahun yang merupakan pegawai PDAM Makassar sering singgah dan makan di warung milik Ariel. “Sambelnya sangat khas, enak dan berbeda,” akunya. (fad)


Pos terkait