Didukung Kementerian PUPR, Bupati Enrekang Genjot Rencana Pembangunan Rusun untuk ASN

Suasana Video Conference Bupati Enrekang bersama Kementerian PUPR, di Pendopo Rujab Bupati, Rabu (10/2/20210). (foto zaini salloko/starmews.id)

STARNEWS.ID,ENREKANG – Bupati Enrekang, Muslimin Bando (MB) ingin segera mewujudkan pembangunan rumah susun (Rusun) di Kabupaten Enrekang. Rusun tersebut rencananya diperuntukkan bagi ASN setempat.

Hal ini jadi pembahasan pada Video Conference Bupati Enrekang bersama Kementerian PUPR, di Pendopo Rujab Bupati, Rabu (10/2/20210).

Bacaan Lainnya

MB didampingi Kepala Bappeda-Litbang Chaidar Bulu dan Kadis Perkimtan Sulviah Dahaling. Hadir via vicon, Plt Direktur Rusun Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Maryoko Hadi.

Bupati menyampaikan, kondisi geografis Enrekang yang berupa pegunungan membuat sebagian ASN tinggal cukup jauh dari kota. Bahkan tidak sedikit yang berdomisili diluar kabupaten Enrekang.

“Beberapa bahkan jarak tempat tinggalnya ke kantor harus ditempuh selama 2-3 jam perjalanan,” jelasnya.

Sehingga keberadaan rusun itu sangat penting bagi ASN. Harapannya agar memudahkan akses dan kinerja semakin efektif.

Pemkab Enrekang juga telah menyiapkan segala hal, utamanya lahan dan tata ruang yang dipersyaratkan. “Harapan kami agar pak menteri segera menyetujui. Mau itu 5 lantai atau 10 lantai, kita siap,” tandas MB.

Sebagai tambahan informasi, Pemkab Enrekang lewat Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan telah studi banding pengelolaan rusun di Sleman, pada 2018 lalu.

Sementara itu, Maryoko menyampaikan komitmen Kementerian PUPR mendukung kebutuhan infrastruktur di daerah.

Lebih jauh secara teknis, ia menyebut daerah yang mendapat bantuan pembangunan rusun adalah yang telah mengajukan proposal. Hingga menuntaskan 10 teknis pengajuan sampai rusun rampung dan diserahkan ke pemda. (zai)


Pos terkait