Disertasi Pengaruh Pasta Gigi Kolostrum Terhadap Pencegahan Karies Periode Gigi Campuran Anak Usia 6-12 Tahun, Bawa Mayor Laut Raih Gelar Doktor

Dr. drg. Lusy Damayanti. Sp. KGA memperoleh hasil sempurna dengan predikat cumlaude, Rabu (2/6/2021). (Foto ist)

STARNEWS.ID, MAKASSAR – Peranan enzim sebagai protein alami (lactoferrine dan lysozyme) serta immunoglobulin dalam air ludah terbukti sangat penting bagi Kesehatan gigi dan mulut bagi pencegahan masuknya bakteri/virus yang dapat menimbulkan penyakit

Hal ini disampaikan Drg Lusy Damayanthi.,SpKGA pada sidang promosi, Rabu, (2/6/2021) di ruang Aula Prof. Nur Nasry Noor.,MPH Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Makassar.

Acara sidang promosi doktor dihadiri oleh guru besar dan dosen FKM Universitas Hasanuddin, yang terdiri dari tim promotor Prof. Dr. Drg Andi Zulkifli.,M.Kes, Prof. dr. Veni Hadju,MSc.,PhD Prof. Dr.dr. Moh. Syafar.,MS, Prof. Dr. Roosje Rosita, guru besar dan dosen FKM Universitas Hasanudin diantaranya Prof. Dr.dr. Abdul Razak Thaha,

Beberapa pejabat diantaranya Dirkes Dirjen Kuathan Kemhan,Laksma TNI dr Arie Zakaria,Sp.OT,, Laksma Dr Benny,Komandan Lantamal VI Makassar, Laksma Dr.drg Ganesha,Sp.Perio, Kaladokgi REM JKT, Brigjend Firman Dahlan, Danrem Sulbar, , Prof Dr Karta Jayadi,Wakil Rektor 2 UNM, Brigjend (Purn) dr Widodo Purbo, Sp.M, Kolonel laut drg. Ketut Triwanto,Sp.ort, Komandan Pusat Pendidikan Kesehatan TNI AL dari Tenaga ahli utama Kantor Sekretariat Presiden Dr.dr.Brian Sriprahastuti,MPH Tenaga ahli Sekretariat Wakil Presiden Dr.dr. Lucy Widasari.,MSi dan Bappenas RI serta keluarga besar PT. Pelni Cabang Nunukan.

Drg. Lusy memaparkan hasil disertasinya yang diberi judul Pengaruh Pasta Gigi Kolostrum Terhadap Pencegahan Karies (penurunan DEFT dan OHI) Periode Gigi Campuran anak usia 6-12 tahun di Kecamatan Ujung Tanah Makassar.

Kolostrum menyerang dinding sel bakteri, sehingga bakteri kehilangan cairan sel dan akhirnya mati. Selain itu, penting bagi ibu untuk memberikan edukasi bagi anak-anaknya agar dapat mencegah penumpukan plak atau sisa makanan yang dapat menyebabkan virus dan bakteri lebih mudah menempel dan berkembang masuk ke dalam tubuh.

Lebih lanjut Dr.drg Lusy yang juga seorang anggota Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) berpangkat Mayor Laut(K/W) menyampaikan agar lebih teratur melakukan sikat gigi minimal 2 kali sehari dengan benar setelah sarapan pagi dan sebelum tidur dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung kolostrum, sesuai dengan saran yang diberikan dari hasil disertasi ini bermanfaat bagi program penanggulangan dan pencegahan karies khususnya pada periode gigi campuran usia 6-12 tahun dengan menurunkan nilai DEFT (Decay, Extraction indicated, Filling Teeth) skor penilaian karies gigi dan OHI (Oral Hygiene Index) skor penilaian Kebersihan Mulut, sebaiknya menggunaka pasta gigi berbahan kolostrum 0,3% yang berkhasiat immunoglobulin, faktor pertahanan dalam rongga mulut yang baik untuk Kesehatan dan pencegahan terhadap kolonisasi bakteri dengan adanya sekretori immunoglobulin A.

Hasil penelitian ini memberikan sumbangan evidence baru dalam pengembangan ilmu pengetahuan kedokteran gigi pencegahan serta pengembangan program Kesehatan gizi bagi anak.

Pada akhir sidang ditetapkan Dr. Drg. Lusy Damayanti.,SpKGA memperoleh hasil dengan predikat cumlaude / LW (*/fad)


Pos terkait