Disnakbun Pinrang Gandeng Balai Besar Kupang Gelar Pelatihan

Pelatihan pengolahan dan pengawetan pakan ternak bagi tenaga non aparatur

STARNEWS.ID, PINRANG– Dalam mendukung program pemerintah untuk memulihkan ekonomi nasional, pemerintah Kabupaten Pinrang melalui Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Pinrang menggelar pelatihan pengolahan dan pengawetan pakan ternak bagi tenaga non aparatur, (15/6/2021).

Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Pinrang Ir.M Ilyas, M.Si, mengatakan salah satu solusi untuk memanfaatkan limbah pertanian berupa jerami padi dan jagung menjadi pakan ternak.

Bacaan Lainnya

Ketersediaan bahan baku yang berlimpah ini, lanjutnya, menjadi satu solusi untuk menekan biaya pakan sehingga menolong para peternak untuk berhemat di masa pandemi saat ini.

Pihak Disnakbun dalam kegiatan ini menggandeng Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang yang juga sedang gencar melaksanakan berbagai kegiatan untuk mendukung pemulihan ekonomi utamanya sektor peternakan.

Kegiatan yang digelar selama 3 hari ini, diharapkan menjadi tempat pembelajaran bagi para peserta agar dapat meningkatkan kesejahteraan dengan pemanfaatan limbah organik sehingga menekan biaya semaksimal mungkin.

Sementara itu, Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang yang diwakili oleh Kepala Bagian Umum, Muh Ukkas S.Pt, M.Si mengatakan,” Kegiatan ini merupakan perwujudan dari keinginan pihak Kementerian Pertanian untuk menjadikan sektor pertanian lebih maju dan handal” ujarnya.

Ukkas berharap “Dengan pelaksanaan pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani ternak di Pinrang dalam hal pengolahan dan pengawetan pakan ternak dan memberikan kontribusi yang positif terhadap pelaksanaan program – program komando strategis pembangunan pertanian” kuncinya.(tan/idj)


Pos terkait