Ditangkap Terduga Penyebar Hoaks Jaksa Terima Suap di Sidang Habib Rizieq, Tapi Akhirnya Dipulangkan

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol. E. Zulfan. (foto ist)

STARNEWS.ID, MAKASSAR – Tim Gabungan Intel Kejari Takalar, Intel Kejati Sulsel, serta aparat Polres Takalar meringkus seorang pemuda inisial F (18) di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Pemuda ini diduga menyebarkan video hoaks jaksa menerima suap dalam sidang kerumunan dan tes swab Habib Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Penangkapan tersebut terjadi di Kelurahan Kalabbirang, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Takalar, Senin (22/3/2021).

Kabar penangkapan tersebut dibenarkan Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol E. Zulpan. “Ya benar, telah diamankan berinisial F (18),” terang Kombes Zulpan saat dikonfirmasi di Mapolda, Senin, (22/3/2021).

Setelah diamankan, pelaku langsung dibawa ke Kejati Sulsel untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Sebuah ponsel yang diduga sebagai alat membuat dan menyebarkan hoaks turut disita.

Namun, berdasarkan hasil introgasi dari intel Kejagung RI, akun milik yang diduga pelaku di hacker atau diretas oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Selanjutnya pelaku dipulangkan ke rumahnya dan dibuatkan pernyataan agar dapat hadir jika sewaktu waktu keteranganya dibutuhkan dan barang bukti dua buah HP di bawah ke Kantor Kejagung RI untuk pendalaman.

Sebelumnya, video hoaks yang dimaksud menarasikan dengan voice over ‘terbongkar pengakuan seorang jaksa yang mengaku menerima suap kasus sidang Habib Rizieq Shihab, innalillah, semakin hancur wajah hukum Indonesia’.

Video berdurasi 48 detik itu menampilkan wawancara wartawan dengan seorang jaksa yang belakangan diketahui Kepala Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur (NTT), Yulianto. (*/uba)


Pos terkait