Dosen FBS UNM Gelar Pelatihan Mengajar Bahasa Inggris Komunikatif di SDIT Khalifah Makassar

Para dosen FBS UNM melatih bagaimana mengajar Bahasa Inggris yang komunikatif. (foto ist)

STARNEWS.ID, MAKASSAR – Tiga dosen Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar (FBS UNM), yakni Fitriyani, SS, M.Hum., Muh. Hasbi, SS, M.Hum., dan Dr. Sukardi Weda, M.Hum. mengadakan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) berupa pelatihan Mengajar Bahasa Inggris Komunikatif kepada Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Khalifah Makassar yang berlangsung di kompleks SDIT Khalifah Jalan Dg. Tata III Makassar sejak 20 September 2019.

Sebanyak 20 guru SDIT Khalifah antusias mengikuti kegiatan tersebut yang dibuka langsung oleh Ketua Yayasan Khalifah Makassar Drs. Umar, M.Pd. Dalam sambutannya beliau mengatakan sangat berterima kasih atas adanya kegiatan ini yang merupakan kemitraan antara pihak kampus dan sekolah sehingga diharapkan ke depan dapat berlanjut terus demi peningkatan kualitas murid-murid dan guru-guru yang mengajar di sekolah tersebut.

Bacaan Lainnya

Fitriyani selaku ketua tim pengabdi menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan tri darma perguruan tinggi, khususnya dalam hal pengabdian pada masyarakat. Kegiatan ini juga sebagai sumbangsih kampus UNM untuk berbagi metode dan strategi pengajaran kepada guru-guru di SDIT.

Adapun materi yang dilatihkan adalah pengajaran bahasa Inggris komunikatif dengan menggunakan metode PPP (Presentation, Practice, Production). Guru-guru dilatih bagaimana cara mempraktekkan metode PPP ini dalam pengajaran bahasa Inggris di kelas sehingga murid-murid bisa lebih aktif dan lebih komunikatif dalam mempraktekkan bahasa Inggris.

Setelah pelatihan berlangsung para peserta merasa puas dan bersyukur telah mendapatkan ilmu dan metode baru yang akan sangat membantu dalam proses belajar mengajar di kelas. Ketua Yayasan Khalifah Makassar juga sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas adanya kegiatan pelatihan ini yang ditujukan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi pedagogik guru-guru di SDIT Khalifah Makassar (rilis/uba)

Terkait