DPRD Enrekang Setujui Lima Ranperda

Penyerahan ranperda oleh Wabup Enrekang, Asman kepada anggota dewan di ruang rapat paripurna, Senin (7/6/2021).(Foto : Zaeni Salloko)

STARNEWS.ID,ENREKANG— DPRD Enrekang menyetujui lima ranperda yang diusulkan pihak eksekutif.

Persetujuan itu terungkap dalam rapat paripurna usulan rancangan perda di gedung DPRD Kabupaten Enrekang Senin, (7/6/2021).

Bacaan Lainnya

Rapat dipimpin Wakil Ketua I DPRD Ikrar Eran Batu bersama Wakil Bupati Enrekang Asman. Hadir Forkopimda dan OPD Enrekang melalui virtual Zoom.

Dalam pembukaannya Ikrar mengatakan bahwa agar produk hukum daerah dapat menjadi pendukung kesejahteraan masyarakat kabupaten Enrekang

“Yang terpenting melalui kesempatan ini kelima ranperda yang diusulkan dapat menjadi produk hukum yang dapat mendukung kesejahteraan masyarakat” ucapnya

Sedikitnya ada 5 Usulan Ranperda yang dibahas dalam Rapat Paripurna tersebut. Antara lain, Ranperda Perangkat Desa, Ranperda BPD (Badan Pemusyawaratan Desa), Ranperda Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana, Ranperda Perubahan Ke 4 atas Perda No 10 Tahun 2021 tentang Retribusi Jasa Usaha, dan Ranperda Perubahan atas Perda No 1 Tahun 2019 tentang RPJMD tahun 2019-2023

Sementara itu Wakil Bupati Enrekang, Asman dalam pemaparannya menjelaskan bahwa kita membutuhkan perda yang mengatur tentang perangkat desa dan BPD agar tidak menimbulkan multitafsir dalam pelaksanaannya

“Kita membutuhkan perda yang dapat menjadi acuan Pemerintah Desa agar tidak menumbulkan kebingungan nantinya dalam menjalankan penyelenggaraan  pemerintahannya,” ucapnya.

Selanjutnya ia menjelaskan bahwa kebutuhan produk hukum tentang penanggulangan bencana sangat dibutuhkan saat ini

“Agar pada saat penanggulangan bencana tidak terjadi tumpang-tindih mengenai tugas hingga pencairan dana dapat diatur nantinya,” katanya.

Sementara itu mengenai ranperda Perubahan yang diusulkan, Asman menjelaskan bahwa perubahan peraturan dimaksudkan agar adanya penyegaran dan penyesuaian antara kebutuhan masyarakat serta perencanaan kedepan.

“Mari kita secara cermat menyusun ini agar antara teks dan kebutuhan masyarakat terdapat kesesuaian agar visi misi EMAS dapat dilaksanakan,” ucapnya.

Selanjutnya DPRD Enrekang akan membentuk dan melaksanakan Rapat Pansus dengan mengundang OPD terkait guna penyempurnaan ranperda sebelum disahkan menjadi produk hukum. (Zaini)


Pos terkait