DPRD Gowa Segera Bahas Ranperda Wajib Masker dan Penerapan Prot0okol Kesehatan

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menyerahkan Ranperda Wajib Masker dan Penerapan Protokol Kesehatan kepada Ketua DPRD Gowa, Rafiuddin di Rapat Paripurna DPRD Gowa, Selasa (14/7/2020).

STARNEWS.ID, GOWA — DPRD Gowa kembali menggelar rapat paripurna, Selasa (14/7/2020). Kali ini, terkait penyerahan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Wajib Masker dan Penerapan Protokol Kesehatan.

Bacaan Lainnya

Bersamaan momen penyerahan dua ranperda tersebut, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menyatakan, Ranperda tersebut sebagai komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa untuk terus melakukan upaya pencegahan penularan Covid-19.

“Memakai masker adalah hal yang sangat sederhana dan tidak membahayakan ekonomi, artinya kita tetap bisa bekerja seperti biasa tapi insya Allah bisa terhindar dari pada penularan Covid-19 dengan cara memakai masker,” kata dia.

Orang nomor satu di pemerintahan Gowa itu menjelaskan, penularan Covid-19 dapat melalui droplet atau air liur yang keluar saat berbicara, bersin atau batuk.

Bahkan hasil penelitian terakhir, penularan Covid-19 juga bisa melalui udara yaitu partikel-partikel kecil yang keluar saat berbicara maupaun bersin dan batuk.

Ketua PMI Sulsel itu pun berharap, dengan Perda Wajib Masker dan Penerapan Protokol Kesehatan kelak masyarakat semakin disiplin menggunakan masker. Begitupun dengan tempat-tempat seperti rumah makan untuk menerapkan Protokol Kesehatan.

“Droplet yang keluar itu terbagi dua, satu droplet bersar ini yang langsung terjatuh hingga jangkauan 1,5 meter hingga 2 meter kalau kita menggunakan masker, yang kedua namanya aerosol yaitu partikel partaikel kecil, itulah yang melayang di udara selama 8 jam. Inilah kalau kita tidak disiplin menggunakan masker maka resiko penularannya sangat tinggi,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Gowa, Rafiuddin mengatakan akan segera menindaklanjuti Ranperda Wajib Masker dan Penerapan Protokol Kesehatan tersebut. Dirinya menyebutkan DPRD Kabupaten Gowa akan segera melakukan pembahasan.

“Besok kita akan melaksanakan Rapat Paripurna Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi. Setelah itu kita langsung masuk untuk melakukan pembahasan untuk disahkan Perda Wajib Masker ini,” tambahnya.

Paripurna Penyerahan Ranperda Wajib Masker dan Penerapan Protokol Kesehatan ini turut dihadiri Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, jajaran Forkopimda Kabupaten Gowa dan sejumlah Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa. (rls/dam)

Terkait