Drainase Buruk, Banjir Genangi Kota Bulukumba

Bupati Bulukumba meninjau sejumlah drainase yang menyebabkan banjir saat musim hujan. (foto bahar/starnews.id)

STARNEWS.ID, BULUKUMBA – Bupati Bukukumba, Andi Sukri Sappewali berencana melakukan renovasi drainase di dalam kota Bulukumba. Penyebabnya setelah daerah tersebut dilanda banjir, Selasa lalu.

Rencana perbaikan tersebut untuk mengatasi genangan banjir saat musim hujan tiba.

Bacaan Lainnya

Sejumlah wilayah yang rawan terkena di kota Bulukumba, seperti jalan Nangka, Bakti Adiguna, M Noor, jalan Panjaitang dan wilayah Caile. Bahkan dampak banjir, membuat puluhan warga mengungsi, dan juga merusak infrastruktur.

Menurut Bupati Bulukumba, Andi Sukri Sappewali, pihaknya akan melakukan perbaikan drainase di dalam kota. Hal ini perlu dilakukan guna mencegah terjadinya genangan banjir. Meski banjir disebabkan air dari hulu yang bersamaan air pasang.

“Drainase harus diperlebar. Biar air lancar, bukan kayak sekarang terlalu kecil. Yang paling penting adalah kesadaran warga tidak membuang sampah sembarangan,” kata Andi Sukri, saat meninjau salah satu drainase di Caile, Kamis (28/5/2020).

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Bulukumba, Rudy Ramlan menambahkan, bahwa perbaikan drainase di dalam kota akan diusulkan melalui balai. Sebab, saat ini memang terjadi ada kesalahan pembuangan air. Salah satunya adalah di wilayah Caile.

“Terlalu banyak belokan air. Harusnya saluran drainase langsung menyeberang jalan. Tapi itu dibelokkan lagi. Mana lagi pembuangan kecil,” jelas mantan Kabag Humas Pemkab Bulukumba ini.

Penyebab lainnya, lanjut Rudy, pintu air yang tidak tertutup dihulu, sehingga saat hujan turun semua air tertumpah masuk kota Bulukumba. Padahal, kata dia, kalau ini tertutup maka genangan air tidak akan terjadi di beberapa wilayah dalam kota.

“Kita akan buat alternatif. Bagaimana supaya ke depan tidak terjadi genangan banjir lagi. Drainase akan kita perlebar. Jangan lagi air harus belok kiri dan kanan baru terbuang. Tapi bagaimana air mengalir lurus,” ungkapnya. (din/uba)

Terkait