Egosentris, Penyebab Covid-19 Melonjak di Makassar

Dokter Yudi menyebutkan penyebab melonjaknya Covid-19 di Makassar karena timbulnya egosentris. (foto int)

STARNEWS.ID, MAKASSAR – Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Makassar, mengungkapkan melonjaknya covid-19 di Kota Makassar, disebabkan beberapa faktor salah satunya, egosentris

Hal tersebut diungkapkan, Humas IDI Kota Makassar dr. Wachyudi Muchsin kepada Starnews.id via telepon, Senin (29/6/2020).

Bacaan Lainnya

“Ada banyak faktor kenapa bisa terjadi, pertama harusnya kita bersatu, bukan egosentris, bukan jalan sendiri-sendiri,” ucap dokter Yudi sapaan akrabnya.

Lebih lanjut kata dokter Yudi, harusnya bersatu padu antara pemerintah, LSM, profesi kesehatan dalam hal mengeluarkan fatwa-fatwa.

“Yang terjadi selama ini, pemimpin A bilang ke kiri, sedangkan pemimpin B bilang ke kanan, masyarakat bingung apa yang mesti dilakukan, sehingga secara otomatis menimbulkan pro dan kontra. Yang mana, mengakibatkan masyarakat mencari alibi yang mengenakkan perasaan, menganggap covid ini biasa-biasa saja,” ujar dokter Koboi ini.

Begitu pun tambah dokter Yudi, apalagi PSBB sudah dilonggarkan sehingga tidak ada aware atau kepedulian masyarakat terhadap Covid-19, karena masyarakat menganggap Covid-19 biasa-biasa saja.

“Harusnya jangan ada egosentris. Marilah kita sama-sama bersatu padu, ajaklah profesi-profesi kesehatan untuk duduk bersama,” tutupnya. (nur)

Terkait