Empat Hari Dirikan Tenda, Warga Sudan Tinggalkan Rudenim

Beginilah tenda yang didirikan warga Sudan di dekat menara Bosowa. (foto ist)

STARNEWS.ID,MAKASSAR-Petugas Rudenim (Rumah Detensi Imigrasi) Makassar dengan dibantu oleh Petugas Polrestabes (Kepolisian Resort Kota Besar) Makassar mengamankan satu orang pengungsi Warga negara Sudan setelah empat hari mendirikan tenda di depan Gedung Menara Bosowa, Makassar, Senin (22/12/2020).

Yusuf (30) pengungsi asal Sudan dibawa menuju Rudenim Makassar setelah sebelumnya menolak untuk dipulangkan ke wismanya oleh petugas Rudenim Makassar.

Bacaan Lainnya

Menurut Rita, Plh Kepala Rudenim Makassar, Yusuf telah mendirikan tenda di depan menara Bosowa sejak Jumat (17/12/2020), ia membawa barang-barang keperluannya seperti pakaian, bantal bahkan galon air dan dispenser.

“Yang dilakukan pengungsi tersebut cukup meresahkan para pejalan kaki di sana, apalagi dia mendirikan tenda di depan gedung perkantoran,” ucap Rita yang juga Kepala Seksi Registrasi, Administrasi dan pelaporan Rudenim Makassar.

“Jadi, yang kami lakukan hanyalah mengamankan sementara pengungsi tersebut, sambil kami lakukan koordinasi dengan UNHCR wilayah Makassar, dan apabila yang bersangkutan sudah mau kembali ke wismanya, maka kami juga akan pulangkan,” tambah Rita.

Ditambahkan Rita, sebelumnya Yusuf yang telah tinggal di Indonesia selama delapan tahun ini pernah mendatangi Rudenim Makassar untuk menyampaikan keinginannya perihal Resettlement, karena ia merasa sudah terlalu lama berada di Indonesia tanpa kejelasan pelaksanaan Resettlement (pemukiman kembali ke negara ketiga).

Namun, menurut Rita perihal Resettlement bukan menjadi ranah rudenim. Rudenim hanya menjalankan fungsi terkait pendataan dan pengawasan terhadap pengungsi dari luar negeri yang berada di Indonesia. (*/uba)


Pos terkait