Empat Hari tidak Makan, Warga Terharu Dapat Bantuan dari PMI

Warga terlihat antusias menyambut bantuan dari PMI yang diangkut melalui helikopter karena desa mereka terisolir. (foto timmediaJK)

STARNEWS.ID, BOGOR – Palang Merah Indonesia (PMI) kembali mendistribusikan logistik ke daerah terisolir yang terdampak tanah longsor dan banjir bandang di Kampung Cileuksa Ilir,Ciehear,serta Ciejairin di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (8/1/2020).

Ketiga kampung tersebut sudah empat hari belum mendapatkan bantuan logistik dikarenakan akses jalan ke kampung mereka terputus.

Bacaan Lainnya

Kampung Cileuksa Hilir terdapat di RW yaitu RW 02 dan 013, dengan jumlah penduduk sebanyak 1.000 jiwa.Jumlah pengungsi 100 orang karena rumahnya hanyut diterjang tanah longsor disertai banjir bandang.

Warga memperlihatkan bantuan yang mereka dapatkan dari PMI. (foto timmediaJK)

Ada 33 rumah yang hanyut saat terjadinya longsor dan banjir bandang tanggal (1/1/2020).

Ketika Tim Bantuan PMI dan TNI datang membawa bahan makanan, warga tampak terharu karena mereka sudah empat hari tidak mendapatkan pasokan makanan dikarenakan wilayah mereka terisolir.

Penyebabnya putusnya sejumlah titik jalan akibat tanah longsor dan jembatan yang menghubungkan antar desa dan kampung terputus diterjang banjir bandang. Tidak

Seorang warga terlihat terharu sambil memeluk bantuan yang diperolehnya. (foto timmediaJK)

Tim PMI dengan menggunakan helikopter Bolcow BO-105 mendropping bantuan melalui udara sebanyak 3 kali penerbangan pada hari Rabu (8/1/2020).

Suasana beberapa desa yang terisolir karena diterjang banjir dan longsor yang dipantau dari udara. (foto timmediaJK)

Dropping Terhambat Cuaca

Cuaca yang tidak menentu, mengakibatkan proses dropping bantuan melalui udara agak terhambat dikarenakan curah hujan tinggi dan awan tebal dan serta angin yang cukup kencang.

Pilot helikopter baru bisa menerbangkan pesawat ke lokasi terisolir sore hari ketika cuaca mulai normal.

Selain kampung Cileuksa Hilir, Helikopter PMI juga mendropping bantuan ke Kampung Ciear dan Cijairin desa cileuksa kecamatan sukajaya kabupaten bogor (di kaki gunung halimun), yang merupakan wilayah terisolir akibat tanah longsor.

Dua kampung ini terdapat 700 warga yg masih bertahan dirumah masing-masing krn akses jalannya terputus. Warga sangat membutuhkan makanan dan minuman serta bubur serta susu untuk bayi. (timmediaJK/star1)


Pos terkait