Empat pengungsi dari Luar Negeri Dipindahkan ke Jakarta

Suasana pemberangkatan empat pengungsi asal luar negeri ke Jakarta dengan pesawat Garuda Airlines. (foto ist)

STARNEWS.ID, GOWA – Empat orang pengungsi dari luar negeri, masing-masing dua orang pengungsi asal Pakistan, satu orang asal Afganistan dan satu orang asal Palestina dipindahkan ke Jakarta dalam rangka memudahkan proses Resettlement (pemukiman kembali), Gowa (11/2/2021).

Pemindahan dilakukan berdasarkan permohonan dari Pimpinan IOM (Internasional Organization for Migration) area Makassar ke Kepala Rudenim (Rumah Detensi Imigrasi) Makassar. Selanjutnya permohonan tersebut diteruskan ke Direktur Jenderal Imigrasi melalui Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian untuk mendapatkan persetujuan pemindahan.

Bacaan Lainnya

Setelah mendapatkan persetujuan, Kamis tanggal 11 Februari 2021 pukul 13.05 WITA dengan menggunakan Maskapai Garuda Indonesia, keempat pengungsi tersebut diberangkatkan ke Jakarta didampingi oleh dua orang petugas, masing-masing dari Rudenim Makassar dan Rudenim Jakarta.

“Pemindahan keempat pengungsi tersebut ke Jakarta dalam rangka pemeriksaan kesehatan, wawancara dan menyiapkan berbagai kelengkapan persyaratan lainnya untuk kepentingan Resettlement,” ujar Rita Kepala Seksi Registrasi, Administrasi dan Pelaporan Rudenim Makassar.

Adapun data pengungsi masing-masing yaitu Syed Muntazir Hussain (Pakistan, 34th), Abbas Ali (Pakistan, 45tn), Hussain Ali Sadaqat (Afganistan, 45th) dan Dhia’Eddin Abo Alhija’a (Palestine,28th).

Saat ini berdasarkan data Rudenim Makassar, jumlah pengungsi dari Luar Negeri sebanyak 1.682 yang terbagi dalam 20 tempat penampungan di Kota Makassar. (rilis/uba)


Pos terkait