FBS UNM Adakan Sosialisasi SYAM – OK secara Blended

Sosialisasi penggunaan aplikasi SYAM-OK di UNM. (foto ist)

STARNEWS.ID, MAKASSAR – Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar (FBS UNM) mengadakan Sosialisasi Aplikasi SYAM-OK (System and Application Management – Open Knowledge atau yang lebih dikenal dengan SYAM-OK. SYAM-OK merupakan learning management system yang akan digunakan Universitas Negeri Makassar dalam menjalankan perkuliahan di Tahun Ajaran 2020/2021.

Untuk menggunakannya secara baik tentunya diperlukan sosialisasi aplikasi ini khususnya bagi dosen sebagai tenaga pengajar yang akan menjalankan perkuliahan. Untuk itu, Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra UNM, Prof Dr Syukur Saud M Pd mengundang para dosen dalam lingkungan FBS UNM untuk mengikuti sosialisasi Aplikasi SYAM-OK yang diadakan pada hari Sabtu, 29/8/2020.

Bacaan Lainnya

Lely Novia melaporkan bahwa kegiatan sosialisasi yang diadakan secara online dan offline (blended) ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr Sahril M Hum yang berkenan hadir secara offline bertempat di Ruang Rapat Senat FBS UNM.

Pemateri sosialisasi berjumlah empat orang, yaitu para dosen FBS UNM yang dipilih untuk mengikuti Bimtek pada tanggal 24 Agustus 2020. Dosen ini merupakan perwakilan dari setiap jurusan, yakni Dr Riny Jefri S E M Ak dan Lely Novia S Pd M.Hum merupakan wakil dari Jurusan Bahasa Inggris, Bapak Faisal S S M.Hum (Jurusan Bahasa Indonesia), dan Abd. Kasim Ahmad S Pd M Hum dari Jurusan Bahasa Asing.


Kegiatan offline yang bertempat di Ruang Rapat Senat FBS UNM dihadiri oleh Para Wakil Dekan, Para Ketua/Sekretaris Jurusan, Para Ketua Program Studi, Ketua Unit Penjaminan Mutu, Para Kepala Laboratorium/Studio, Kabag, Para Kasubag dalam lingkungan FBS UNM.

Untuk kegiatan offline dipandu oleh Novi yang didampingi oleh Ibu Ryan. Sedangkan kegiatan online melalui aplikasi Zoom, yang dihadiri oleh para Dosen, dipandu oleh Dr Riny, Bapak Kasim, dan Bapak Faisal.

Kegiatan yang dimoderatori oleh Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris, Bapak Chairil Anwar Korompot, ini juga mendapat perhatian khusus dari Prof Dr Nurdin Noni yang juga menambahkan informasi terkait penggunaan LMS ini.


Dalam sosialisasi ini diperkenalkan secara singkat penggunaan SYAM-OK, seperti log-in, membuat kelas dan grup kelas, mendaftarkan peserta didik, mengunggah materi, membuat tugas, melakukan pertemuan sinkron (webinar), dsb.

Peserta kegiatan langsung mempraktekkan materi yang dipaparkan di Laptop masing-masing. Mereka mengusulkan untuk mengadakan pertemuan lanjutan setelah sosialisasi ini.


Menurut WD I FBS UNM, Dr Sahril, kegiatan perkenalan ini akan berlanjut ke pelatihan di setiap jurusan sehingga nantinya para dosen FBS UNM mampu menggunakan aplikasi pembelajaran SYAM-OK.


Sukardi Weda, salah seorang dosen bahasa Inggris FBS UNM yang juga Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNM menyambut baik sosialisasi ini, supaya dosen dapat dengan mudah menggunakan aplikasi pembelajaran SYAM -OK dalam proses belajar mengajar. (rilis/uba)

Terkait