FBS UNM Gelar Workshop PKM, Rektor Prof Husain : Jangan Karena Covid-19, Kegiatan Tertunda

Tim PKM Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar diketuai Prof Murni Mahmud Ph D. (foto ist)

STARNEWS.ID, MAKASSAR – Dosen Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa Inggris FBS UNM melakukan PKM “Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah melalui Pengabdian Masyarakat pada Guru-Guru di Kabupaten Gowa.”

PKM menulis artikel ilmiah bagi guru-guru Bahasa Inggris di Kabupaten Gowa telah dilaksanakan oleh Tim PKM jurusan bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar yg diketuai oleh Prof Murni Mahmud Ph D. PKM tersebut telah sukses dilaksanakan secara online pada Sabtu (22/8/2020).

Bacaan Lainnya


Dalam kesempatan yang sama, Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Bapak Prof Dr H Husain Syam MTP berpesan bahwa jangan menjadi alasan pandemi Covid-19 sehingga tertunda pelaksanaan pengabdian masyarakat, lakukanlah dengan penuh inovasi dan kreativias sehingga berjalan sesuai apa yg kita harapkan bersama.
Kegiatan workshop yang berlangsung selama 3 jam tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Dr Muhammad Jufri S Psi M.Psi Psikolog. Dalam sambutannya, Prof Jufri mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting bagi peningkatan kualitas guru-guru di Sulawesi Selatan. Kegiatan PKM tersebut juga dihadiri oleh Ketua LP2M Universitas Negeri Makassar, Prof Dr Bakhrani Rauf M T yang juga menyambut gembira acara tersebut sebagai bentuk pengembangan dan pengabdian kepada masyarakat luas. Terutama guru-guru yang merupakan ujung tombak pendidikan, khususnya di Sulawesi Selatan.

Pengembangan skill menulis ini penting sebagai upaya meningkatkan SDM, terutama para guru. PKM ini dibuka secara resmi oleh Dekan FBS UNM Prof Dr Syukur Saud M Pd. Dalam sambutannya, Prof Dr Syukur Saud menyambut dengan antusias akan acara tersebut sebagai upaya peningkatan kualitas di bidang pendidikan.

Workshilop PKM ini dihadiri oleh sekitar 45 peserta guru Bahasa Inggris yang tergabung dalam MGMP bahasa Inggris yang diketuai oleh Drs H Kamaruddin M Pd. Dalam workshop tersebut, Prof. Murni Mahmud, yang juga selaku salah satu nara sumber berkesempatan memaparkan trik jitu dalam menulis artikel sehingga menjadi artikel yang layak publikasi. Strategi jitu dalam penulisan dan publikasi juga ditampilkan terutama bagaimana menarik perhatian publishers (penerbit) berskala nasional dan internasional.

Prof Murni memberikan sejumlah solusi dari sejumlah pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh para peserta terkait publikasi ilmiah pada jurnal nasional dan internasional.


Ketua LP2M UNM Prof Dr Ir H Bakhrani A. Rauf MT menyampaikan bahwa kegiatan pelaksanaan Pengabdian Masyarakat ini sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama guru-guru dalam pembuatan penelitian tindakan kelas (PTK) dan artikel ilmiah untuk pengusulan kenaikan pangkat serta dapat meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah layak publikasi pada jurnal ilmiah.

Diminta pendapatnya terkait dengan workshop PKM ini, Sukardi Weda, yang juga salah seorang dosen bahasa Inggris FBS UNM dan mantan ketua Program Studi Sastra Inggris dua periode mengatakan bahwa kegiatan workshop yang diadakan oleh Jurusan Bahasa Inggris FBS UNM ini adalah salah satu best practice yang dilakukan oleh Jurusan Bahasa Inggris UNM dan merupakan salah satu kinerja ekselesn UNM di bidang tridarma. Sukardi Weda menambahkan bahwa kegiatan tridarma yang dapat dirasakan masyarakat perlu terus dilaksanakan, sehingga UNM semakin berperan penting dalam peningkatan kualitas SDM masyarakat bangsa Indonesia dan juga layanan pendidikan di Indonesia, terutama di Sulawesi Selatan. Kegiatan ini adalah salah satu kinerja ekselen Jurusan Bahasa Inggris yang perlu diapresiasi, pungkas Sukardi Weda, yang juga Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNM.


M. Sahrul S Pd M Pd selaku salah satu peserta workshop mengatakan bahwa
sebagai peserta di PKM Menulis Artikel ini, saya sangat termotivasi dan tertarik untuk menulis artikel ilmiah utamanya dalam language teaching setelah menyaksikan presentasi materi, terima kasih banyak Prof Murni Mahmud atas presentasi materinya lewat zoom, tambahnya.


“Peserta lainnya, Huldiana Latief S Pd M Ed adalah salah satu peserta PKM menulis artikel ilmiah bagi guru-guru bahasa Inggris di Gowa sangat terkesan dengan materi yang disampakaikan tadi, dan menambah ilmu menulis kami dan bersemangat lagi ingin menulis, ” ujarnya. (rilis/uba)

Terkait