FSHI IAIN Bone Gelar Seminar Nasional dan Launching PKBH La Tenri Tappu

FSHI IAIN Bone, menggelar Seminar Nasional dirangkaikan Launching Pusat Konsultasi dan Bantuan Hukum (PKBH) La Tenri Tappu IAIN Bone di Hotel Helios Watampone

STARNEWS.ID, BONE– Fakultas Syariah dan Hukum Islam (FSHI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone, menggelar Seminar Nasional dirangkaikan dengan Launching Pusat Konsultasi dan Bantuan Hukum (PKBH) La Tenri Tappu IAIN Bone di Hotel Helios Watampone, Selasa (29/6/2021).

Pemateri di acara ini, Rektor IAIN Bone Prof. Dr. A Nuzul, SH, M.Hum, Dekan FSHI IAIN Bone Dr. Andi Sugirman, S.H., M.H. dan Asisten I Setda Bone Anwar, SH., M.Si., MH

Tema yang diangkat dalam seminar nasional adalah Peran Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum dalam Menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Bacaan Lainnya

Hadir sebagai pemateri Rektor IAIN Bone Prof. Dr. A Nuzul, SH, M.Hum, Dekan FSHI IAIN Bone Dr. Andi Sugirman, S.H., M.H. dan Asisten I Setda Bone Anwar, SH., M.Si., MH.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan launching PKBH La Tenri Tappu IAIN Bone yang ditandai dengan pembukaan tirai oleh Rektor dan Direktur PKBH La Tenri Tappu.

Latar belakang dibentuknya PKBH ini adalah untuk melaksanakan pengabdian dan edukasi kepada masyarakat sebagaimana Fungsi Tri Dharma perguruan tinggi.

“Kedepannya PKBH ini akan bergelut dengan Tri Dharma perguruan tinggi. Yakni di samping memberikan pendampingan baik litigasi maupun non litigasi juga mungkin dalam bentuk pembinaan desa,” terang Satriadi, SH., MH. Direktur Eksekutif PKBH La Tenri Tappu IAIN Bone dalam sambutannya.

Sementara itu Dekan FSHI IAIN Bone Dr. Andi Sugirman, S.H., M.H. menjelaskan bahwa nama La Tenri Tappu diambil dari nama Raja Bone ke-23 yang dikenal agamis dan dekat dengan ulama.

“Oleh karena La Tenri Tappu senantiasa bersama dengan ulama, IAIN Bone juga melahirkan ulama-ulama. Perpaduan antara kecerdasan intelektual dan nilai-nilai agama inilah yang mendasari penamaan PKBH,” jelasnya.

Dalam sambutannya Rektor IAIN Bone menyampaikan bahwa PKBH La Tenri Tappu hadir bukan untuk menandingi Bantuan Hukum atau advokasi yang sudah ada melainkan untuk memberdayakan mahasiswa, alumni juga tempat mengaktualisasikan misi kampus.

Bupati Bone yang Diwakili oleh Asisten I Setda Bone Anwar, SH., M.Si., MH. menyampaikan bahwa Pemerintah Kab. Bone sangat mengapresiasi atas kehadiran PKBH La Tenri Tappu.

“Kami sangat bahagia dan mengapresiasi atas kehadiran PKBH ini dan berharap bisa membantu masyarakat Bone agar melek hukum karena juga dipercayai sebab perguruan tinggi keagamaan yang bersandar pada nilai-nilai agama,” jelasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Forkopimda Kab. Bone, Lembaga Bantuan Hukum (LBH), Lembaga Swadaya Masyarakat, Organisasi Pemuda.(mjb)


Pos terkait