Genjot Vaksinasi Pelajar, Pemkab Gowa Gandeng Kwarda Sulsel

VAKSINASI--- Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menyaksikan anak pramuka divaksin di SMK Negeri 1 Gowa, Selasa (14/9/2021).(Foto : Humas Pemkab Gowa)

STARNEWS.ID,GOWA – Pemerintah Kabupaten Gowa terus menggenjot percepatan vaksinasi khususnya kalangan pelajar.

Setelah bekerjasama dengan Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sulsel, kini Pemkab Gowa menggandeng Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Sulsel melaksanakan vaksinasi massal di dua lokasi.

Bacaan Lainnya

Yaitu di Bumi Perkemahan HM Yasin Limpo dan SMKN 1 Gowa Kecamatan Bajeng, Selasa (14/9).

Bupati Gowa selaku Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, vaksinasi dengan menyasar para pelajar sebagai bagian mewujudkan kekebalan kelompok atau herd immunity.

Diharapkan saat sekolah tatap muka dilakukan, seluruh pelajar Kabupaten Gowa sudah melakukan vaksin.

“Kita terus melakukan serbuan vaksin kepada pelajar dalam rangka mempercepat atau membentuk herd immunity. Juga untuk mempersiapkan pembelajaran tatap muka sesuai dengan instruksi presiden. Kalau semua pelajar sudah dilakukan vaksin maka diperbolehkan sekolah tatap muka,” ungkapnya usai meninjau vaksinasi pelajar di SMKN 1 Gowa, Selasa (14/9/2021).

Orang nomor satu di Gowa itu menyampaikan, untuk terbebas dari pandemi Covid-19 yang sudah hampir dua tahun melanda, semua pihak harus bekerjasama.

Mulai dari lembaga, stakeholder hingga komunitas. Menurutnya dengan langkah tersebut diharapkan Gowa bisa keluar dari pandemi ini.

“Sekarang dibutuhkan kolaborasi antara semua stakeholder yang ada untuk melakukan percepatan vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan. Dengan percepatan itulah kita bisa mengubah dari pandemi menjadi endemi,” jelasnya.

Adnan bersyukur, kebijakan PPKM cukup ampuh mengendalikan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Gowa.

Kendati PPKM masih diperpanjang, namun statusnya diturunkan menjadi level II. Keberhasilan ini, kata Adnan berkat kerjasama dari semua pihak dan vaksinasi yang terus dilakukan ditambah disiplin protokol kesehatan.

“Kita juga meyakini jika semua sudah divaksin dan disiplin protokol kesehatan maka insyaallah kita bisa mengakhiri pandemi Covid-19. Meskipun PPKM berjalan tapi levelnya bisa kita turunkan. Itu tiada lain berkat vaksinasi dan disiplin terhadap prokes,” tambah Adnan.

Olehnya ia mengimbau kepada masyarakat khususnya bagi pelajar untuk segera melakukan vaksinasi agar cita-cita melakukan sekolah tatap muka bisa segera dilaksanakan yang ditandai dengan tuntasnya vaksinasi pelajar di Gowa.

“Para pelajar ayo untuk vaksin kalo kita mau pembelajaran tatap muka yang sudah rindukan sekian tahun. Kita berharap semuanya memiliki komitmen untuk saling menjaga sesama teman kelas, teman sekolah, orang tua, orang di rumah, mari vaksin. Jika semua sudah divaksin barulah kita melakukan pembelajaran tatap muka,”  imbau Adnan.

Sementara Kepala Puskesmas Kecamatan Bajeng, dr Wahyudi mengatakan pihaknya menyediakan 800 dosis vaksin di SMKN 1 Gowa namun yang melakukan vaksinasi sebanyak 620 orang sementara di Buper Cadika sebanyak 247 orang.

“Kita menurunkan tim medis sebanyak 20 orang untuk vaksinasi massal ini. Target kita 800 dosis dengan sasaran masyarakat umum dan pelajar yang dilaksanakan oleh Kwarcab Gowa,” jelasnya. (Rus)


Pos terkait