Hati-Hati Melintas, Jalan Provinsi di Gowa Rusak Parah

Sejumlah anak-anak bermain di ruas jalan yang tampak rusak dan tergenang air di Poros Pattallassang, Gowa, Sabtu (3/4/2021). (Foto : Rusli Haisarni)

STARNEWS.ID,GOWA—–Ruas jalan provinsi di Kabupaten Gowa sangat tidak nyaman dilintasi. Kondisinya rusak berat.

Pengguna jalan wajib ekstra hati-hati, jika tidak ingin celaka. Apalagi pada malam hari.

Bacaan Lainnya

Salah satu ruas terparah, adalah Poros Bilayya hingga Poros Bu’rung-Bu’rung, Kecamatan Pattallassang Gowa. Juga Jalan Tun Abdul Razak-Jalan HM Yasin Limpo.

Sepanjang jalur ini, permukaan jalan berlubang. Bentuk lubangnya pun cukup besar dan dalam. Mirip kubangan ternak. Sebagian lagi tergenang air.

Salah seorang pengendara, Abd Kadir mengaku dirinya sudah berulangkali ganti onderdil. Penyebabnya onderdil motornya rusak karena terperosok di jalan yang berlubang di Jalan HM Yasin Limpo.

“Untung tidak sampai jatuhji. Tapi velk motor ji yang bengkok karena keseringan terperosok dalam lubang,” tutur Abd Kadir, Minggu (4/4/2021).

Ia berharap pihak terkait segera melakukan penanganan. Terutama permukaan jalan yang mengalami kerusakan agar dibenahi.

“Mulai Jalan Tun Abduk Razak-Jalan HM Yasin Limpo sampai batas Kecamatan Pattallassang dan Parangloe, kondisi jalan rusak parah. Mohon instansi berwenang melakukan perbaikan,” pintanya.

Kepala UPT Bidang Pemeliharaan Jalan Wilayah IV Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (PUTR) Sulsel, Andi Sahwan yang dikonfirmasi sebelumnya menyerahkan masalah ini ke PPTK Pemeliharaan Jalan.

“Iya. Koordinasiki juga dengan PPTKnya. Pak Iskandar,” katanya.

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Pemeliharaan Jalan Wilayah IV, Iskandar menjelaskan, penanganan kerusakan jalan provinsi belum maksimal lantaran terkendala cuaca.

Kendala lain, belum ada Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA).

“Jadi orang takut bergerak. Kita mau pinjam material takutnya nanti lama terbayar. Termasuk upah pekerja. Mudah-mudahan DPA secepatnya keluar. Sehingga kegiatan sudah bisa berjalan normal. Begitupun cuaca juga bisa cerah terus Dinda,” tandas Iskandar. (rus)


Pos terkait