Honor Guru SMP 3 Pallangga Kerap Tertunda, Begini Tanggapan Komisi IV DPRD Gowa

SMP Negeri 3 Pallangga, Gowa

STARNEWS.ID,GOWA— Permasalahan gaji guru honor di SMP Negeri 3 Pallangga, Gowa masih jadi keluhan. Pembayarannya kerap tertunda alias tidak tepat waktu.

Ini membuat guru honor di sekolah itu meradang. Kendati dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sudah lama cair, namun pembayaran gaji untuk guru honor di SMP Negeri 3 Pallangga tetap saja telat.

Kondisi ini sudah berlangsung sejak tahun lalu. Salah seorang guru honor SMP Negeri 3 Pallangga yang minta identitasnya dirahasiakan menyebutkan, gaji jam mengajar kadang dibayarkan setelah lewat periode.

Contohnya saja gaji bulan Nopember-Desember 2020. Baru dibayarkan tahun ini. Tepatnya Maret lalu melalui dana BOS periode Januari-April 2021.

“Ini yang kita pertanyakan,” ujar dia.

Begitu pun tahun ini. Kata dia, honor jam mengajar kembali tertunggak. Sementara dana BOS telah cair pada bulan Maret.

“Honor jam mengajar itu sangat kami butuhkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” keluhnya.

Keluhan soal tertundanya pembayaran gaji guru honor SMP Negeri 3 Pallangga ditanggapi anggota Komisi IV DPRD Gowa, Husniah Talenrang.

Legislator Partai Amanat Nasional (PAN) ini sangat menyayangkan. Ia pun berjanji akan menindaklanjuti masalah tersebut.

“Saya akan turun mengecek ke SMP Negeri 3 Pallangga,” ucap Husniah Talenrang saat dikonfirmasi, Kamis (22/4/2021).

Menurutnya, tidak seharusnya gaji guru honor tertunda. Sebab itu sangat dibutuhkan, apalagi di tengah bulan suci Ramadan seperti ini.

Karena itu, kakak kandung Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran ini juga akan meminta Dinas Pendidikan untuk turun tangan menyelesaikan keluhan guru honor di SMP Negeri 3 Pallangga.

“Saya kumpulkan dlu keterangan dari guru honor, baru saya follow up ke dinas terkait,” terangnya.

Informasi yang diperoleh, jumlah guru honor di SMP Negeri 3 Pallangga sebanyak 36 orang. Mereka menerima honor jam mengajar Rp10 ribu perjam. Gaji itu dianggarkan lewat dana BOS.

Terpisah, Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Pallangga, Burhanuddin saat dikonfirmasi kembali membantah gaji guru honor telat dibayarkan.

“Tidak benar itu. Tadi ini sudah saya perintahkan bendahara untuk membayarkan,” katanya dengan nada meninggi.

Bendahara SMP Negeri 3 Pallangga, Yudi juga membenarkan pembayaran gaji untuk guru honor tidak pernah telat. Apalagi tahun lalu. Semua sudah terbayarkan. Khusus untuk periode Januari-April 2021, kata dia, sementara dalam proses pembayaran.

“Sementara pembayaran. Sebagian guru honor sudah datang ambil. Sebagian lagi belum,” sebutnya. (rus)


Pos terkait