Huawei Mate X Rilis September, OS Tetap Android?

Huawei Mate X. Foto: ilounge.com

STARNEWS.ID — Ponsel layar lipat dari Huawei yang pertama kali dipamerkan pada Februari kemarin. Huawei Mate X dikabarkan akan rilis September tahun ini, dengan beberapa fitur unggulan.

Huawei Mate X tampaknya memiliki harapan agar bisa tetap berjalan di sistem operasi Android. Padahal, kita semua tahu bahwa saat ini ada ketegangan hubungan bisnis antara Amerika Serikat dengan Huawei.

Bacaan Lainnya

Selain bisa tetap menggunakan OS Android, Huawei dipercaya bisa merilis Mate X secara komersial sesuai dengan jadwal, yakni September mendatang.
Hal tersebut datang dari seorang eksekutif Huawei, Vincent Pang.

Kepada media TechRadar Pang menuturkan, produk ini akan meluncur pada September dan “akan berjalan di OS Android karena Huawei Mate X diperkenalkan sebelum pemblokiran oleh Donald Trump”.

Masih terkait ‘permusuhan’ antara Amerika Serikat dengan Huawei, ada laporan yang mengatakan jika kedua belah pihak bisa mencapai kesepakatan untuk membuka blokir Huawei pada pertengahan Agustus 2019, masa depan perangkat-perangkat Huawei tetap bisa memakai Android.

Namun jika tidak, berarti perangkat Huawei yang akan dirilis di waktu yang akan datang resmi tak bisa menggunakan Android dari Google.

Sebelumnya, penjualan ponsel tersebut awalnya dinyatakan mengalami penundaan sampai akhirnya diputuskan pada September 2019.

Banyak yang berspekulasi semua gara-gara Samsung yang lebih dulu memutuskan untuk menunda penjualan Galaxy Fold. Ada juga yang mengklaim penundaan tersebut karena masa antara AS dengan Huawei.

Pang kemudian mengatakan, penundaan penjualan Mate X bukan karena masalah politik AS, namun karena penerapan 5G yang lambat.

Sementara untuk urusan teknologi, Huawei mengklaim telah melakukan berbagai macam uji coba agar layarnya tidak rusak seperti kasus Galaxy Fold.


Pos terkait