HUT Damkar 102, Makassar Bakal Gunakan Drone untuk Analisis Kebakaran

Suasana perayaan HUT Damkar ke-102 di kota Makassar. (foto humasmakassar)

STARNEWS.ID, MAKASSAR – Kementrian Dalam Negeri RI apresiasi capaian kota Makassar dalam penerapan smart city. Hal ini diungkapkan Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri, saat upacara Tingkat Nasional HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ke 102 Tahun 2021 secara virtual.

“Saya telah melihat secara langsung, kota Makassar dengan Smart City, CCTV mampu menjangkau hingga sudut-sudut kota,” ujar Tito Karnavian.

Bacaan Lainnya

Hal yang telah diterapkan di Kota Makassar dapat menjadi contoh bagi kota lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menyampaikan akan pemanfaatan drone untuk menganalisis awal jika terjadi kebakaran, dan ide ini pun ditanggapi sangat antusias Menteri Dalam Negeri.

Secara virtual, Moh Ramdhan Pomanto menghadiri dari war room lantai  10 command centre kantor Wali Kota Makassar, menyampaikan kondisi pemadam kebakaran yang telah berbentuk dinas dan akan terus dilakukan peningkatan kualitas.

“Akan didahului dengan drone, untuk menganalisis lebih awal sebelum petugas kebakaran tiba, sehingga lebih cepat. Selain itu akan terus dilakukan peningkatan kualitas dalam pelayanan publik” tutur Danny, Senin (1/3/2021).

HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ke 102 Tahun 2021 diawali dengan pembacaan sejarah pemadam kebakaran yang terdiri dari para pemuda yang tak kenal dengan rasa takut untuk memadamkan api sejak tahun 1919 lalu. (humasmakassar/uba)


Pos terkait