Jalan Poros Palopo-Tator Amblas, Camat Wara Barat : Dua Rumah Warga Terbawa Longsor

Tanah longsor terjadi di Battang Barat, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo, Jumat (26/6/2020) sore (ist)

STARNEWS.ID, PALOPO — Para warga Battang Barat, Kecamatan Wara Barat, Palopo mendadak panik, Jumat (26/6/2020). Sebab, Jalan Trans Sulawesi poros Palopo-Tana Toraja (Tator) di Km 24 amblas.

Jalan nasional yang longsor di Kecamatan Wara Barat itu diperkirakan terjadi sekitar pukul 16.00 WITA. Videonya pun langsung beredar dan jadi viral. Camat Wara Barat, Muslimin memastikan video amatir yang beredar itu bukan hoaks.

“Memang benar telah terjadi longsor di kilometer 24 Kelurahan Battang Barat Kecamatan Wara Barat. Video yang beredar bukan hoaks, laporan saat ini menyebutkan dua rumah warga ikut terbawa longsor,” ujar Muslimin.

Menurut Muslimin, jarak titik longsor dari perbatasan Palopo-Tator itu sekitar 12km. “Kami juga berusaha koordinasi dengan pemerintah di sana (Tator), sekiranya bisa ikut membantu,” imbuhnya.

Tak lama setelah menerima laporan terkait jalan yang menjadi akses antara Palopo menuju Tator dan sebaliknya itu, personel dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palopo pun bergegas menuju ke lokasi kejadian.

“Anggota sudah ke lokasi kejadian,” ujar Kepala BPBD Palopo, Anthonius Dengen.

Masyarakat yang bermukim di sekitar lokasi terjadinya tanah longsor turut menyaksikan saat rumah warga yang terdampak dan terseret masuk jurang. Sejumlah warga itu pun histeris dan berlarian menyelamatkan diri.

Kabarnya, longsor terjadi setelah hujan mengguyur daerah di daratan tinggi Kota Palopo sejak dini hari hingga siang.

Beberapa hari terakhir ini, jalan poros Palopo-Tana Toraja itu memang telah longsor dan beberapa titik amblas, sehingga jalan tersebut sudah sulit dilalui kendaraan besar.

“Akibat hujan sejak malam hari, jalan poros Palopo-Toraja Utara ini putus total,” aku seorang warga Battang Barat, Rosa. (*/dam)