Kamsina Jabat Pelaksana Harian Bupati Gowa

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah memberikan SK Pelaksana Harian (Plh) Bupati Gowa kepada Kamsina di kantor gubernur Sulsel, Rabu (17/2/2021). (Foto : Humas Pemkab Gowa) (foto humasgowa)

STARNEWS.ID,GOWA — Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa Kamsina resmi menjabat Pelaksana Harian (Plh) Bupati Gowa.

Kamsina akan mengendalikan pemerintahan di butta bersejarah menyusul berakhirnya jabatan Adnan Purichta Ichsan sebagai bupati Gowa dan wakilnya, H Abd Rauf Malaganni, Rabu (17/2/2021) hari ini.

Bacaan Lainnya

Bekas Camat Pallangga ini akan mulai efektif bekerja, Kamis (18/2/2021) besok.Kamsina mengatakan, penunjukan Pj Sekda sebagai Plh Bupati Gowa berdasarkan arahan Kementerian Dalam Negeri melalui Dirjen Otonomi Daerah yang disampaikan pada Rapat Koordinasi Pemerintah dengan 270 pemerintah daerah pasca pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Sehingga untuk mengisi kekosongan, sekretaris daerah di seluruh daerah akan bertugas sebagai Plh Bupati.

“Ini karena pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih pada periode 2021-2026 yang rencananya dilaksanakan hari ini mengalami penundaan. Olehnya saya diberikan amanah untuk menjabat sebagai pelaksana harian hingga proses pelantikan tiba,” beber Kamsina usai menerima SK Tugas oleh Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, di Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (17/2).

Ia mengaku dirinya tidak akan banyak berencana selama bertugas menjadi pelaksana harian, hal ini lantaran tugasnya hanya bersifat mengisi kekosongan.

“Saya tidak perlu terlalu banyak berencana karena hanya mengisi kekosongan. Intinya yang prinsip tidak boleh dilakukan tetapi yang hanya bersifat rutin saja,” katanya.

Sementara, untuk masa jabatan sebagai pelaksana harian hingga pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih yang direncanakan dilaksanakan akhir Februari 2021.

“Kalau sampai kapan belum kita tahu. Dalam surat tugas yang kami terima itu sampai pelantikan dilakukan,” terang Kamsina.

Kepala Biro (Kabiro) Pemerintahan Sulsel, Hasan Basri Ambarala, mengatakan pemberian surat tugas ini sudah sesuai surat edaran Mendagri. Dimana seluruh sekretaris daerah akan mengisi tugas sebagai kepala daerah yang berakhir masa jabatannya per hari ini.

“Sampai hari ini belum ada surat pelantikan. Kita ikuti aturan yang ada dari pusat namun pelaksana harian ini akan mengisi selama belum adanya pelantikan,” ungkapnya.

Hasan Basri menyebutkan, pelantikan diperkirakan akan dilakukan akhir Februari nanti atau menunggu putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Jika cepat, maka pelantikan akan dilakukan secara bersama-sama.

“Mungkin akhir bulan dua, terkait bersamaan atau tidak semuanya itu tergantung putusan MK kalau cepat bisa ikut sama-sama, tapi kemungkinan besar bisa bersamaan,” tambahnya.

Selain Kabupaten Gowa, sembilan kabupaten lainnya juga dijabat Sekda sebagai pelaksana harian. Yaitu Barru, Bulukumba, Selayar, Luwu Utara, Luwu Timur, Maros, Pangkep, Soppeng dan Tana Toraja. (rus)


Pos terkait