Kapal Buatan Nelayan Bantaeng Mulai Dilirik Daerah Lain, Ilham Azikin: Kita Ingin Industri Ini Terus Berkembang

Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin di momen penyerahan bantuan kapal buatan nelayan di Kelurahan Lamalaka, Kabupaten Bantaeng, Sabtu (9/1/2020)

 

STARNEWS.ID, BANTAENG — Tak sebatas menangkap ikan, sejumlah nelayan di Bantaeng rupanya juga berkemampuan membuat dan memproduksi kapal beserta alat tangkapnya. Hasil karya tersebut diserahkan oleh Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikim di Kelurahan Lamalaka, Kabupaten Bantaeng, Sabtu (9/1/2020).

Bacaan Lainnya

Setidaknya ada 9 unit bantuan kapal nelayan diserahkan secara simbolis oleh Ilham Azikin di momen akhir pekan ini. Yakni, 8 kapal berspesifikasi 3GT dan 1 kapal 4GT.

Terkait, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bantaeng, Rita Pasha mengatakan, bantuan itu sejatinya didanai oleh Pemkab Bantaeng.

Hanya saja, proses pengadaan kapal beserta alat tangkapnya itu turut melibatkan usaha kecil menengah yang ada di Bantaeng. “Jadi kapal-kapal ini dibuat oleh nelayan kita. Spesifikasinya dirancang sesuai kebutuhan nelayan,” kata dia.

Rita mengaku, Pemkab Bantaeng sengaja melibatkan para nelayan guna memberi pengaruh positif kepada usaha kecil dan menengah di Bantaeng. “Semuanya melibatkan tenaga kerja di Bantaeng. Kecuali peralatan elektronik yang memang harus dibeli,” jelas dia.

Ternyata, aku dia, karya nelayan Bantaeng ini malah dilirik daerah lain. Setelah mendapat dana pemerintah, banyak daerah lain yang ingin memesan kapal di Bantaeng. “Ini adalah efek positifnya. Sekarang sudah ada beberapa daerah yang memesan. Seperti Bulukumba dan Bone,” aku dia.

Sementara Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin mengakui potensi yang ada ini. Hal ini, kata orang nomor satu di pemerintahan Bantaeng itu, menandakan bahwa karya nelayan Bantaeng patut diperhitungkan.

“Artinya kita bisa menggali potensi ini. Kita telah memberikan bantuan pendanaan dan sekarang usaha pembuatan kapal ini mulai berkembang. Di sinilah peran pemerintah,” ujar dia.

Ilham menambahkan, pemerintah akan terus mendorong usaha kecil ini untuk terus berkembang. Dia berharap, Lamalaka dapat menjadi salah satu pusat industri kapal nelayan yang ada di Bantaeng. “Kita ingin industri ini terus berkembang. Kita berharap Bantaeng ini menjadi rujukan untuk pembuatan kapal nelayan,” katanya.

Sekadar diketahui, selain alat tangkap, juga dilengkapi GPS pelacak posisi ikan. (*/dam)


Pos terkait