Kejari Gowa Targetkan Pembinaan Semua Kecamatan


STARNEWS.ID, GOWA — Kecamatan Palangga ditetapkan sebagai kecamatan binaan Kejaksaan Negeri (Kejari) Gowa. Termasuk juga, Desa Jenetallasa dan Koperasi Diyal Prima Mandiri.

Saat launcing di Kampung Rewako Desa Jenetallasa, Kecamatan Pallangga, Rabu (2/9/2020), Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Gowa, Yeni Andriani mengatakan, ini pertama kali dilaksanakan, dan akan menjadi percontohan bagi kecamatan lain yang ada di Gowa.

Bacaan Lainnya

“Kami melihat Pallangga merupakan salah satu kecamatan terbaik dan desanya sangat kreatif. Bahkan terdapat koperasi yang bisa kita bina untuk menjadi koperasi yang lebih besar sehingga masyarakat bisa mendapatkan modal kerja yang bisa kita bantu,” ungkapnya.

Rupanya, Kejari Gowa tengah menargetkan semua kecamatan dilakukan pembinaan pada koperasi yang ada. Yeni mengaku, Kementerian Koperasi harus menyalurkan anggaran Rp1 Miliar dari Lembaga Penyaluran Uang Bergulir (LPUB) yang harus disalurkan kepada koperasi yang ada di Indonesia.

“Target kita memang semua kecamatan tapi dimulai dari Kecamatan Pallangga ini. Apalagi Kementerian Koperasi harus menyalurkan anggaran LPUB itu selama masa covid dengan ketentuan diberikan kepada koperasi yang benar-benar sehat, sehingga inilah alasan kita lakukan pembinaan agar koperasi di Pallangga bisa mendapatkan anggaran bergulir itu,” jelasnya.

Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni yang turut menghadiri launching Kecamatan Pallangga, sebagai binaan Kejari Gowa mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Kajari Gowa atas inisiasinya dalam program launching ini.

Menurutnya, lauching tersebut salah satu cara untuk memajukan dan menyejahterakan masyarakat Gowa di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Tentu kami berterimakasih kepada ibu Kejari atas keinginannya mau memajukan Gowa. Kita berharap apa yang direncanakan ini bisa connect dengan program yang ada di Pallangga,” bebernya.

Selain itu, dirinya meminta pembinaan tidak hanya dilakukan pada program UMKM atau koperasi saja, tetapi bisa meluas terhadap program-program di pemerintah kecamatan, desa/lurah agar apa yang dilakukan sesuai aturan hukum yang ada.

“Sebaiknya semua program kerja di desa atau kelurahan selalu berkoordinasi dengan kejari agar tidak ada lagi yang keluar dari aturan hukum yang ada sehingga bisa membangun Gowa dengan aman karena adanya pendampingan dari kejaksaan,” harapnya.

Ia berharap setelah launchig tersebut kecamatan lain bisa menjadikan Pallangga sebagai percontohan, agar seluruh kecamatan di Gowa bisa menjadi binaan kejaksaan. (rilis/dam)

Terkait