Kelamaan Tanpa Pimpinan Definitif, Rudianto Lallo Harap Pelantikan Wali Kota dan Wakilnya Sebelum 17 Februari

Rapat Paripurna pengumuman hasil penetapan pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Terpilih pada Pilwali 2020 Makassar, Kamis (28/1/2020). (foto ist)

STARNEWS.ID, MAKASSAR – Berjalan dua tahun Makassar tanpa pimpinan definitif. Setidaknya, ada tiga penjabat (Pj) Wali Kota sebagai pimpinan sementara di Kota Daeng ini.

Olehnya itu, Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo menyampaikan harapannya, penetapan wali kota dan wakil wali kota terpilih melalui Pilwali 2020 bisa dilaksanakan lebih dulu dibandingkan daerah lain.

Bacaan Lainnya

Harapan tersebut ia sebutkan saat memimpin rapat paripurna terkait pengumuman hasil penetapan Pasangan Calon Wali kota dan Wakil wali kota terpilih pada Pilkada yang dalam hal ini Pilwali 2020 Makassar, Kamis (28/1/2020).

“Harusnya secara logika, ini dilakukan secara cepat tanpa menunggu pelantikan serentak 17 Februari. Karena Makassar ini sudah 30 bulan kekosongan pemimpin definitif. Dan ini kita dipimpin oleh tiga PJ selama 30 bulan,” ujarnya.

Menurut politikus dari Partai Nasdem tersebut, Pj Wali Kota, Makassar terakhir ini, yakni Rudi Djamaluddin melakukan transisi komunikasi. Sehingga pergantiannya bisa berjalan mulus tanpa ada upaya-upaya menghambat.

Untuk diketahui, DPRD Kota Makassar telah menetapkan pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar terpilih, Mohammad Ramdham Pomanto-Fatmawati Rusdi melalui rapat paripurna, Kamis (28/1/2021).

Penetapan waki kota-wakil wali kota terpilih periode 2021-2026 itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) KPU Makassar Nomor 32/PL.02.7-Kpt/7371/KPU-Kot/I/2021. Rudianto Lallo menerangkan, rapat paripurna tersebut merupakan bagian pengangkatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih.

“Proses pengangkatan ini, akan disampaikan ke Menteri Dalam Negeri, melalui Gubernur Sulawesi Selatan,” terang dia.

“Kalo gubernur tidak memproses, maka bisa melalui KPU kota atau Provinsi Sulsel dan langsung ke Mendagri (Menteri Dalam Negeri),” imbuh Rudianto. (fan)


Pos terkait